Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Komputer bagi Kehidupan Masyarakat?

Kompas.com - 20/09/2021, 13:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKomputer sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Penemuannya berhasil memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitasnya, mulai dari belajar hingga bekerja.

Menurut Hasnul Arifin dalam buku Panduan Membeli Komputer Murah dan Berkualitas (2009) oleh Hasnul Arifin, komputer adalah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk memasukkan, mengolah, serta menghasilkan data berupa gambar, suara, ataupun video.

Pada awalnya hanya beberapa kalangan saja yang menggunakan komputer, karena harganya yang mahal. Namun, kini komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, karena manfaatnya yang beragam.

Manfaat komputer bagi masyarakat

Dalam buku Student Guide Series: Mudah Merakit Komputer (2006) karya Rachmad Hakim S., disebutkan jika komputer sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan manusia, seperti menghitung serta mengolah data.

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 6 mengenai manfaat komputer bagi kehidupan masyarakat, yaitu:

  • Membantu manusia beraktivitas

Komputer sangat membantu masyarakat, khususnya dalam menjalankan aktivitas, seperti belajar dan bekerja.

Contohnya komputer membantu pelajar dalam mengetik dan menyusun tugas. Contoh lainnya komputer membantu karyawan dalam mengetik dan memasukkan data pekerjaan.

  • Menyimpan dokumen atau data penting

Selain memudahkan manusia, komputer juga bermanfaat untuk menyimpan berbagai dokumen atau data penting, seperti hasil pekerjaan, tugas sekolah, foto, dan lain sebagainya.

  • Melakukan perhitungan

Dalam kehidupan masyarakat, komputer juga bermanfaat untuk melakukan perhitungan. Sebagai contoh program Microsoft Excel digunakan untuk menghitung data berupa angka.

  • Melakukan pengolahan data

Manfaat lain komputer bagi kehidupan masyarakat adalah pengolahan data. Ada banyak program aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pengolahan data.

Contohnya program Microsoft Word untuk pengolahan data berupa teks, Microsoft Excel untuk pengolahan angka, Microsoft Power Point untuk pengolahan data dalam bentuk presentasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Penyimpanan di Sistem Komputer

  • Mencari informasi di internet

Komputer juga bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi penting di internet, asalkan perangkat terhubung dengan koneksi internet. Pencariannya bisa dilakukan di Google Chrome, Opera Mini, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com