Kompas.com - 20/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi kewajiban mengumpulkan tugas tepat waktu KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi kewajiban mengumpulkan tugas tepat waktu

KOMPAS.comMengumpulkan tugas tepat waktu merupakan salah satu tindakan yang disiplin, sekaligus kewajiban seorang pelajar. Tindakan atau kebiasaan ini jika dilakukan secara rutin akan membawa dampak positif bagi diri pelajar maupun lingkungan sekitarnya.

Tepat waktu mengumpulkan tugas dapat diartikan sebagai kegiatan menyerahkan atau mengumpulkan tugas sesuai waktu yang telah disepakati bersama atau ditentukan.

Mengutip dari buku Pengelolaan Kinerja Dosen dan Budaya Akademik (2018) karya M. Sugeng Sholehuddin, mengumpulkan tugas tepat waktu akan menuntun pelajar untuk bisa belajar disiplin waktu serta menumbuhkan sikap konsisten.

Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?

Baca juga: Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 6 mengenai kewajiban mengumpulkan tugas tepat waktu bagi pelajar: 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban pelajar

Dalam jurnal berjudul Model Konseling Kelompok dengan Teknik Penguatan Positif untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa (2017) oleh Linda Dwi Sholikhah dan kawan-kawan, mengumpulkan tugas tepat waktu merupakan salah satu kewajiban seorang pelajar.

Dikatakan kewajiban karena mengumpulkan tugas tepat waktu merupakan aturan yang harus ditaati pelajar di sekolah. Hal ini dapat melatih diri pelajar untuk bisa bertanggung jawab dan juga memupuk rasa disiplin.

Dampak tidak mengumpulkan tugas tepat waktu

Dampak negatif yang dihasilkan dari tidak mengumpulkan tugas waktu adalah rasa disiplin menjadi berkurang, dikhawatirkan kebiasaan ini akan selalu dilakukan jika tidak diubah.

Selain itu, dampak negatif lainnya adalah tugas jadi menumpuk, ketinggalan pelajaran, tidak fokus ketika belajar atau mendengarkan penjelasan guru, memiliki kebiasaan untuk menyepelekan tugas, dan mengingkari tanggung jawab sebagai seorang pelajar.

Baca juga: Dampak Menanam Tumbuhan bagi Lingkungan dan Orang Lain

Siapa yang akan dirugikan?

Pihak pertama yang akan dirugikan adalah diri pelajar sendiri. Karena nilai jadi jelek, tugas menumpuk, dan ketinggalan pelajaran. Pihak lain yang dirugikan adalah guru, karena penilaian menjadi terhambat.

Terakhir, pihak lain yang akan dirugikan adalah orang tua, mereka akan merasa sedih ketika tahu nilai pelajar jelek atau pelajar ketinggalan pelajaran karena tidak mengumpulkan tugas tepat waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.