Kompas.com - 16/09/2021, 12:00 WIB
Lingkungan Asri: Dampak menanam pohon bagi lingkungan dan orang lain. freepik.com/katemangostarLingkungan Asri: Dampak menanam pohon bagi lingkungan dan orang lain.
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.comSikap bijaksana terhadap tumbuhan adalah sikap pandai, hati-hati, dan menggunakan akal budi terhadap tumbuhan.

    Sikap bijaksana membuat manusia tidak sembarangan memperlakukan tumbuhan, mengingat betapa pentingnya peran tumbuhan bagi kehidupan di bumi.

    Lalu apakah dampak sikap bijaksana terhadap tumbuhan bagi lingkungan? Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 4 mengenai dampak dari sikap bijaksana bagi lingkungan, yaitu:

    • Lingkungan asri

    Sikap bijaksana terhadap tumbuhan menghindarkan tumbuhan dari berbagai macam polutan. Sikap bijaksana membuat manusia mencegah terjadinya polusi udara, polusi air, dan juga polusi tanah, agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

    Berkurangnya polusi tersebut membuat lingkungan menjadi bersih dan asri. Belum lagi sikap bijaksana yang menanam tumbuhan dan mendukung perkembangannya membuat lingkungan asri karena teduh dan tidak gersang.

     Baca juga: Contoh Sikap Tidak Bijaksana terhadap Tumbuhan

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Lingkungan sejuk

    Sikap bijaksana yang memelihara tumbuhan berdampak membuat lingkungan menjadi sejuk. Lingkungan dengan banyak tumbuhan cenderung lebih sejuk dibanding dengan lingkungan yang gersang.

    Bukan hanya karena pohon memberikan tempat teduh dibawahnya tapi karena proses fotositensis dan respirasi tumbuhan.

    Tumbuhan menyerap karbon dioksida untuk fotosintesis. Tanpa adanya tumbuhan, kadar karbon dioksida akan menumpuk. Dilansir dari State of the Planet, karbon dioksida menyerap energi inframerah matahari, membuatnya bergetar, dan memancarkan panas ke segala arah.

    Hal tersebutlah yang menyebabkan daerah gersang memiliki suhu tinggi dan daerah penuh tumbuhan memiliki suhu yang lebih rendah (sejuk). Tumbuhan juga menghasilkan uap air dari proses respirasi yang membantu menurunkan suhu sekitarnya menjadi lebih sejuk.

    • Udara menjadi bersih

    Respirasi manusia dan pembakaran bahan bakar fosil melepaskan gas karbon dioksida ke udara. Tumbuhan kemudian menyerap karbon dioksida untuk fotosintesis, melepaskan oksigen sebagai produknya dan membuat udara di sekitarnya menjadi lebih bersih.

    Halaman:

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.