Kompas.com - 20/09/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi datang terlambat ke sekolah freepik.comIlustrasi datang terlambat ke sekolah

KOMPAS.comDatang terlambat merugikan berbagai pihak, tidak hanya diri sendiri, tetapi juga orang lain. Baik sengaja atau tidak, datang terlambat jelas tidak boleh menjadi kebiasaan.

Menurut Syarifah Runika Umaria dalam jurnal Analisis Perilaku Terlambat pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Sungai Raya (2019), datang terlambat, khususnya ke sekolah, merupakan bentuk pelanggaran tata tertib atau peraturan.

Terlambat bisa diartikan lewat dari batas waktu yang ditentukan. Jadi datang terlambat adalah situasi saat seseorang atau sekelompok orang tiba di suatu tempat, melewati batas waktu yang ditentukan.

Alasan datang terlambat itu merugikan

Datang terlambat sangat merugikan berbagai pihak. Karena aktivitas yang seharusnya dapat dilakukan sesuai jadwal harus mundur atau tidak sesuai jadwal.

Selain itu, datang terlambat juga merupakan bentuk sikap tidak disiplin dan tidak menghargai orang lain. Bisa disebut tidak menghargai, karena orang lain sudah menyediakan waktunya untuk datang dan melakukan aktivitas. Namun, pihak lainnya datang terlambat, sehingga waktunya terbuang sia-sia.

Baca juga: Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siapa saja yang kamu rugikan saat kamu terlambat?

Mengutip dari buku Mencegah & Mengatasi Krisis Anak (2005) karya Tatag Utomo, datang terlambat merugikan banyak pihak. Mulai dari diri sendiri hingga teman, keluarga, atau orang lainnya.

Sebagai contoh, datang terlambat ke sekolah merugikan diri sendiri karena kehilangan penjelasan materi dari guru. Merugikan teman dan guru karena konsentrasi serta fokusnya jadi terpecah.

Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu?

Dampak utama dari datang terlambat terhadap diri sendiri adalah menjadi pribadi yang tidak disiplin dan tidak bisa menghargai waktu. Disebut tidak disiplin karena tidak menaati tata tertib atau peraturan.

Selain menjadi pribadi yang tidak disiplin, datang terlambat juga menimbulkan kesan negatif yang melekat pada seseorang. Misalnya orang yang terlambat akan dipandang sebagai orang yang tidak mampu menghargai serta mengatur waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.