Kompas.com - 03/08/2021, 20:21 WIB
Ilustrasi anggrek bulan. SHUTTERSTOCK/ELENA BUSLAEVAIlustrasi anggrek bulan.

KOMPAS.com –Indonesia memiliki hutan paling lebat di Bumi setelah Amazon. Dilansir dari Fauna & Flora International, Indonesia merupakan rumah bagi sekitar 11 persen tanaman berbunga, 13 persen mamalia (termasuk 46 spesies primata), 6 persen amfibi, 7 persen reptil, 16 persen burung, dan 14 persen ikan di dunia.

Dari ribuan spesies yang ada di Indonesia, 40 persen adalah endemik dan tidak dapat ditemukan ditempat lain. Namun dari ribuan spesies itu juga terdapat beberapa flora langka yang hidup di Indonesia.

Berikut adalah 10 tanaman langka di Indonesia:

  • Anggrek

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Indonesia memiliki sekitar 40.000 spesies tanaman berbunga termasuk 5.000 spesies bunga anggrek. Beberapa diantaranya ada spesies anggrek langka yang terancam punah.

Misalnya anggrek hartinah (Cymbidium hartinahianum), anggrek kasut pita (Paphiopedilum praestans), anggrek jamrud (Dendrobium macrophyllum), anggrek hitam (Coelogyne pandurata), anggrek Sumatra (Vanda sumatrana), anggrek mungil minahasa (Vanda celebia), anggrek bulan raksasa (Phalanopsis gigantean), anggrek bulan Kalimantan, Ambon, dan juga Sumatera.

Baca juga: Flora dan Fauna Khas Banten

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Ilustrasi: Sejumlah pengunjung menyaksikan bunga bangkai raksasa yang sedang mekar di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Tinggi bunga bangkai tersebut mencapai 3,735 meter dan memecahkan rekor bunga bangkai tertinggi di Indonesia.KOMPAS/HARIS PRAHARA Ilustrasi: Sejumlah pengunjung menyaksikan bunga bangkai raksasa yang sedang mekar di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Tinggi bunga bangkai tersebut mencapai 3,735 meter dan memecahkan rekor bunga bangkai tertinggi di Indonesia.
    Bunga bangkai

Bunga bangkai dengan nama latin Amorphophallus titanium adalah flora endemik dari Pulau Sumatra. Dilansir The IUCN Red List of Threatened Species, bunga bangkai adalah tanaman dengan struktur bunga teresar di dunia yang dapat tumbuuh setinggi tiga meter dan mengeluarkan bau busuk seperti bangkai.

Selama beberapa dekade terakhir, populasi bunga bangkai menurun hingga masuk ke dalam daftar merah flora terancam punah. Bunga bangkai dilindungi secara hukum di Indonesia dan konservasi ex situnya di lakukan oleh sekitar 90 kebun raya di 18 negara.

  • Raflesia arnoldi

Raflesia arnoldi adalah tanaman dengan bunga tunggal terbesar di dunia yang berasal dari Bengkulu.

Agus Susatya dalam buku Rafflesia Pesona Bunga Terbesar di Dunia (2011) menyebutkan Raflesia arnoldi mempunyai rata-rata 10 kuncup per populasi dengan mortalitas (tingkat kematian) 20 persen hingga 100 persen.

Dengan tingkat mortalitas yang tinggi juga reporduksi yang sulit membuat bunga raflesia arnoldi masuk ke dalam daftar merah flora terancam punah menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.