Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tumbuhan Langka di Indonesia

KOMPAS.com –Indonesia memiliki hutan paling lebat di Bumi setelah Amazon. Dilansir dari Fauna & Flora International, Indonesia merupakan rumah bagi sekitar 11 persen tanaman berbunga, 13 persen mamalia (termasuk 46 spesies primata), 6 persen amfibi, 7 persen reptil, 16 persen burung, dan 14 persen ikan di dunia.

Dari ribuan spesies yang ada di Indonesia, 40 persen adalah endemik dan tidak dapat ditemukan ditempat lain. Namun dari ribuan spesies itu juga terdapat beberapa flora langka yang hidup di Indonesia.

Berikut adalah 10 tanaman langka di Indonesia:

  • Anggrek

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Indonesia memiliki sekitar 40.000 spesies tanaman berbunga termasuk 5.000 spesies bunga anggrek. Beberapa diantaranya ada spesies anggrek langka yang terancam punah.

Misalnya anggrek hartinah (Cymbidium hartinahianum), anggrek kasut pita (Paphiopedilum praestans), anggrek jamrud (Dendrobium macrophyllum), anggrek hitam (Coelogyne pandurata), anggrek Sumatra (Vanda sumatrana), anggrek mungil minahasa (Vanda celebia), anggrek bulan raksasa (Phalanopsis gigantean), anggrek bulan Kalimantan, Ambon, dan juga Sumatera.

Selama beberapa dekade terakhir, populasi bunga bangkai menurun hingga masuk ke dalam daftar merah flora terancam punah. Bunga bangkai dilindungi secara hukum di Indonesia dan konservasi ex situnya di lakukan oleh sekitar 90 kebun raya di 18 negara.

  • Raflesia arnoldi

Raflesia arnoldi adalah tanaman dengan bunga tunggal terbesar di dunia yang berasal dari Bengkulu.

Agus Susatya dalam buku Rafflesia Pesona Bunga Terbesar di Dunia (2011) menyebutkan Raflesia arnoldi mempunyai rata-rata 10 kuncup per populasi dengan mortalitas (tingkat kematian) 20 persen hingga 100 persen.

Dengan tingkat mortalitas yang tinggi juga reporduksi yang sulit membuat bunga raflesia arnoldi masuk ke dalam daftar merah flora terancam punah menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Cendana tumbuh pada awalnya tumbuh subur di daerah Alor dan Sumba, namun mengalami penurunan yang sangat drastis hanya dalam rentang waktu satu dekade. Sehingga sekarang pohon cendana berada dalam status terancam punah.

  • Damar

Pohon damar dengan nama latin Agathis dammara adalah tumbuhan asli Indonesia yang telah digunakan secara tradisional sejak waktu lama. Pohon damar memiliki banyak kegunaan dari mulai kayunya hingga getahnya. Namun sayangnya pohon damar berada dalam kategori rentan dan terancam punah oleh IUCN pada tahun 2014.

  • Kantong semar

Kantong semar dengan nama latin Nepenthes adalah tumbuhan langka Indonesia yang tergolong ke dalam tumbuhan karnivora.

Nepenthes memiliki bentuk seperti kantung dengan cairan di dalamnya. Ia akan membuka kantungnya, kemudian saat ada serangga masuk, kantung semar akan menutup kantungnya dan mencerna serangga tersebut.

Kayu ulin sangatlah kokoh, anti air, anti bakteri dan juga anti jamur. Kekuatannya membuat kayu ulin dijuluki dengan kayu besi. Sayangnya kayu ulin masuk ke dalam daftar merah IUCN tumbuhan terancam punah.

  • Tengkawang

Tengkawang adalah pohon langka yang masuk ke dalam daftar merah IUCN.

Tengkawang memiliki biji yang bisa diolah menjadi minyak untuk kesehatan juga kecantikan. Kayu tengkawang juga bisa dimanfaatkan untuk bahan kontruksi.

  • Daun payung

Daun payung dengan nama latin Johannesteijsmannia altifrons adalah tumbuhan langka dari keluarga palem. Disebut daun payung karena daunnya yang besar dan bisa tumbuh sepanjang 6 meter. Daun payung ditemukan di Kalimatan dan Sumatera termasuk spesies langka yang dilindungi.

Mengutip dari Laman Resmi Republik Indonesia, eidelweiss memiliki hormon etilen yang mencegah kerontokan kelopak bunga sehingga bunganya bisa mekar dan bertahan hingga 10 tahun.

Hal tersebut membuat edeleweis disebut dengan bunga abadi. Namun sayangnya spesies bunga edelweiss jawa mengalami penurunan drastis akibat dipetik dalam jumlah besar. Namun kini edelweiss jawa dilindungi oleh hukum di Indonesia agar pelestariannya terjaga.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/03/202102869/10-tumbuhan-langka-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke