Kompas.com - 03/08/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi profesi akuntansi dan tanggung jawab pekerjaannya freepik.com/ Dragana_GordicIlustrasi profesi akuntansi dan tanggung jawab pekerjaannya

KOMPAS.com - Bidang akuntansi cukup diminati, karena ruang lingkup dan jangkauannya luas. Ada banyak bentuk profesi akuntansi.

Bisa dikatakan hampir setiap perusahaan atau organisasi membutuhkan orang yang berprofesi di bidang akuntansi.

Orang yang bekerja dan memiliki keahlian di bidang akuntansi dapat disebut akuntan. Terdapat berbagai jenis akuntan, tergantung pada bidang pekerjaannya.

Umumnya seorang akuntan memiliki pendidikan serta keahlian di bidang ekonomi dan keuangan.

Apa sajakah contoh profesi akuntansi dan bagaimana tanggung jawab pekerjaannya?

Akuntan perusahaan atau akuntan manajemen

Menurut Rudianto dalam buku Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis (2006), akuntan perusahaan atau akuntan manajemen merupakan profesi akuntansi yang bekerja untuk internal suatu perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Akuntansi: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Bidangnya

Akuntan perusahaan yang juga disebut sebagai akuntan intern adalah akuntan yang tugas utamanya memberikan informasi kepada pimpinan perusahaan. 

Seorang akuntan perusahaan bertanggung jawab untuk menyiapkan berbagai informasi keuangan perusahaan, baik untuk pihak internal (contoh pemimpin) ataupun eksternal (contoh pemerintah dan kreditor).

Selain itu, akuntan manajemen juga bertugas untuk melakukan perencanaan dan penganggaran, pembuatan laporan keuangan eksternal, dan lain sebagainya.

Akuntan publik

Akuntan publik adalah jenis profesi akuntansi yang mana posisinya independen dan bekerja untuk berbagai pihak yang membutuhkan jasanya. Agar bisa menjadi seorang akuntan publik haruslah sudah mengantongi izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasanya di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.