Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora dan Fauna?

Kompas.com - 20/01/2021, 18:34 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Australia memiliki banyak hewan unik yang tidak dimiliki oleh benua lain. Contohnya kanguru dan koala.

Dalam materi kali ini kita akan membahas penyebab keunikan flora dan fauna di Australia dan juga contoh dari flora dan fauna tersebut.

Alasan Keunikan Flora dan Fauna Australia

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Pemisahan daratan pada permukaan Bumi

Sekitar 250 juta tahun yang lalu Bumi terdiri dari satu benua besar yang tidak terpisahkan. 50 juta tahun setelahnya permukaan bumi mulai terpisah-pisah menjadi dua daratan yakni Laurasia dan Gondwana.

Gondwana adalah pecahan besar permukaan Bumi yang mencakup Australia, Amerika selatan, Afrika, India, dan Antartika.

Baca juga: Daftar Negara di Australia dan Oseania serta Ibu Kotanya

Gondwana kemudian berpisah-pisah sementara Antartika dan Australia masih menyatu. Dilansir dari Live Science, barulah pada 45 juta tahun yang lalu Antartika dan Australia terpisah dan Australia bergerak ke utara dengan kecepatan 3 sentimeter per tahunnya.

Dilansir dari World Wide Flora & Fauna Australia, setelah terpisah dari Antartika yang dingin, Australia mengalami perubahan iklim menjadi lebih hangat dan kering.

Hal ini menyebabkan isolasi geografis memaksa hewan dan tumbuhan berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan lanskap baru Australia.

Evolusi dalam penyesuaian diri inilah yang membuat Australia memiliki hewan dan tumbuhan unik yang tidak dimiliki oleh benua lain.

Australia juga memiliki berbagai tumbuhan unik salah satunya adalah pinus Wollemi. Dilansir dari BBC, pinus Wollemi adalah spesies pohon zaman dinosaurus yang telah disangka punah namun ditemukan dikedalam hutan Australia berjumlah 100 pohon.

Dilansir dari World Wide Flora & Fauna Australia, Australia memiliki 140 spesies marsupial yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Kemudian 828 spesies burung yang setengahnya tidak dapat ditemukan di tempat lain, 140 spesies ular, 300 spesies kadal, dan 238 spesies mamalia.

Contoh marsupial adalah kanguru, koala, walabi, wombat, dan Tasmania devil, dan harimau Tasmania yang telah punah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com