Kompas.com - 17/07/2021, 11:35 WIB
Altafjord di Alta, Norwegia, bermandikan sinar matahari tengah malam. wikimedia.org/Vberger at French WikipediaAltafjord di Alta, Norwegia, bermandikan sinar matahari tengah malam.
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com - Matahari terbit saat pagi dan terbenam di waktu sore. Matahari sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup di bumi.

    Manusia pun sangat membutuhkan matahari. Salah satunya sebagai penanda waktu kapan harus mulai beraktivitas dan pergi beristirahat.

    Namun, apa jadinya jika matahari terus bersinar sepanjang hari selama 24 jam, bahkan saat tengah malam? Fenomena ini dikenal dengan sebutan midnight sun atau matahari tengah malam.

    Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, midnight sun merupakan fenomena saat matahari tidak terbenam selama beberapa waktu tertentu. Jangka waktunya bervariasi, namun biasanya matahari tengah malam terjadi selama dua hingga enam bulan.

    Umumnya fenomena ini terjadi di sekitar Lingkaran Arktik, kira-kira bulan April dan September. Ketika midnight sun berlangsung, orang bebas melakukan aktivitas apa saja, seperti tur, mendaki gunung atau melaksanakan festival sepanjang hari, bahkan saat tengah malam.

    Baca juga: Danau Maracaibo, Tempat Paling Elektrik di Bumi

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Kira-kira negara mana sajakah di dunia yang mengalami midnight sun atau matahari tengah malam?

    • Islandia

    Secara geografis, Islandia tidak sepenuhnya berada di Lingkaran Arktik. Biasanya fenomena midnight sun terjadi di Islandia sekitar bulan Mei hingga Agustus. Dikutip dari National Geographic, Reykjavik menjadi salah satu tempat di Islandia yang sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati fenomena ini.

    Saat fenomena matahari tengah malam terjadi, warga Islandia sering mengadakan festival atau kegiatan semacamnya. Mereka juga menikmatinya dengan berjalan-jalan di tengah malam, menonton paus, bahkan mendaki gunung.

    • Norwegia

    Dalam situs Visit Norway, disebutkan jika Norwegia, terutama Norwegia Utara, mengalami matahari tengah malam selama 76 hari, mulai Mei hingga Juli. Saat musim panas tiba, penduduk Norwegia dan para wisatawan bisa menikmati indahnya matahari bersinar selama 24 jam.

    Beberapa lokasi di Norwegia Utara yang menjadi tempat favorit untuk menyaksikan fenomena ini ialah Helgeland, Bodo dan Salten, Lofoten dan Vesteralen, Troms, Finnmark, Svalbard, dan Hammerfest.

    Baca juga: Islandia, Negara Tanpa Nyamuk

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.