Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebutan Sate di Berbagai Negara

Kompas.com - 12/05/2021, 15:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sate merupakan hidangan yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan Presiden Amerika Serikat ke-44, yaitu Barack Obama menyukai sate sebagai salah satu makanan favoritnya saat kecil.

Sate adalah hidangan olahan daging, baik ayam, sapi, maupun kambing dan ditusuk dengan bambu tipis. Sate di Indonesia dibakar di atas batu bara dan diberi bumbu kacang yang khas serta kecap manis.

Tahukah kamu, ternyata sate tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga dibeberapa negara, bahkan sampai Afrika. Berikut penamaan istilah sate di beberapa negara:

  • Yakitori, Jepang

Dilansir dari Japan-Guide, yakitori adalah hidangan daging (daging ayam, kulit, hati, jeroan, sayap, tulang rawan dan bakso) tusuk panggang yang terbuat dari potongan daging seukuran gigit. Di jepang, sate yakitori disajikan dengan bumbu tare yang manis dan gurih atau hanya dibumbui dengan shio atau garam.

  • Dakkochi, sate dari Koreatravel.tribunnews.com/ seonkyounglongest.com Dakkochi, sate dari Korea
    Dakkochi, Korea

Dakkochi adalah sebutan bagi sate di negara Korea. Dakkochi merupakan salah satu street food korea yang sangat populer. Dilansir dari My Korean Kitchen, dakkochi adalah sate ayam dan daun bawang yang ditusuk lalu dibakar. Dakkochi dibumbui dengan bumbu khas korea yaitu campuran antara bawang putih, gochujang, dan juga minyak wijen.

Baca juga: Mengapa Makanan di Setiap Negara Berbeda?

  • Chuanr, Cina

Chuanr adalah sebutan bagi sate di Cina. Dilansir dari Eat Your World, chuanr adalah daging (biasanya kambing) panggang yang ditusuk lalu dibakar di atas api terbuka juga dibumbui dengan jintan dan cabai. Chuanr sangatlah terkenal di Cina terutama di kota Beijing sebagai makanan ringan pelengkap bir pada malam hari.

  • Brochette, Prancis

Brochette adalah sebutan sate di negara Prancis. Brochette merupakan paduan daging dan sayuran yang ditusuk dengan besi lalu dipanggang di atas api. Brochette biasanya menggunakan daging ayam seukuran gigitan lalu ditusuk berselingan dengan paprika kuning, hijau, merah, tomat ceri, dan bawang Bombay.

  • Suya, istilah sate di Nigeria-Afrikawikimedia.org/WhisperToMe Suya, istilah sate di Nigeria-Afrika
    Suya, Nigeria

Sate dapat ditemukan juga di Afrika Barat, tepatnya di negara Nigeria dengan nama Suya. Suya adalah daging sapi tusuk yang dipanggang dan dilumuri oleh bumbu kacang. Suya hampir sama dengan sate khas Indonesia, bedanya daging sapi suya tidak dipotong kecil-kecil (ukuran sekali gigit) namun dipotong tipis memanjang seukuran dengan panjang sate itu sendiri.

  • Satti, Filipina

Satti adalah sebutan bagi sate khas negara Filipina. Satti terbuat dari potongan daging sapi ataupun hati ayam yang ditusuk lalu dipanggang. Sate daging yang telah dipanggang tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mangkok yang bersisi banyak saus satti.

Baca juga: Gandum, Tanaman Pertama Manusia Purba

  • Kebab, Timur Tengah

Kebab adalah sebutan sate khas Timur Tengah. Kebab terbuat dari daging yang ditusuk besi panjang lalu dipanggang. Kebab yang telah matang lalu disajikan dengan cara dilepas dari tusuknya dan didimpan di piring. Kebab memiliki asal-usul yang unik.

Dilansir dari The Spruce Eats, dahulu tentara Turki pada masa invansi ke Anatolia menggunakan pedang mereka untuk memanggang daging di api terbuka. Dari situlah kebab berkembang menjadi seperti sekarang dengan berbagai macam daging dan bumbu pelengkap.

  • Espetadas, Portugis

Espetadas adalah makanan yang ditusuk dan dibakar di atas bara api. Espetadas merupakan makanan tradisional Portugis, biasanya berbahan dasar daging sapi, daging babi, cumi-cumi, ikan, dan juga sayur-sayuran. Espetadas biasanya dimakan bersama dengan salad dalam saat berkumpul dengan sanak keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com