Kompas.com - 19/06/2021, 14:09 WIB
Ilustrasi makan menggunakan tangan freepik.com/nakaridoreIlustrasi makan menggunakan tangan

KOMPAS.com - Makanan dianggap terasa lebih enak jika dimakan langsung dengan tangan kanan. Persepsi sensorik otak dapat meningkat ketika kita menyentuh makanan langsung menggunakan tangan, dibanding memakai peralatan makan.

Selain terasa lebih enak, ternyata makan pakai tangan juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh.

Tentunya manfaat ini hanya bisa didapat ketika kita mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah menyantap makanan.

Apa sajakah manfaat tersembunyi di balik makan pakai tangan? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari situs Times of India dan The Express Tribune:

  • Meningkatkan sirkulasi darah

Makan pakai tangan ternyata bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sendi dan jari tangan akan bergerak untuk mengambil, memegang dan memasukkan makanan ke dalam mulut. Hal ini bisa menjadi latihan mudah untuk meregangkan sendi dan jari tangan.

Baca juga: Mengapa Orang Indonesia Suka Makan Pakai Tangan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Membantu menjaga proporsi makanan

Ketika makan pakai tangan, seseorang bisa mengatur proporsi makanannya, dibanding menggunakan sendok. Perbandingannya ialah porsi makanan di sendok jauh lebih banyak dibanding makanan yang dipegang dengan tangan.

Selain itu, makan pakai tangan juga membantu kita untuk tetap makan dengan lambat atau tidak terburu-buru.

  • Menyehatkan pencernaan

Para ilmuwan meyakini jika ada banyak bakteri baik untuk tubuh yang bisa ditemukan di tangan, mulut, tenggorokan serta usus manusia. Makan pakai tangan bisa membantu sejumlah bakteri baik tersebut masuk ke dalam tubuh.

Hal ini hanya bisa terjadi jika kita mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum menyantap makanan dengan tangan.

  • Merangsang pencernaan

Sama halnya seperti makanan akan terasa lebih enak jika dimakan pakai tangan, ternyata kebiasaan ini bisa merangsang pencernaan manusia untuk lebih siap menerima makanan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X