Kompas.com - 19/06/2021, 11:46 WIB
Ilustrasi jaring laba-laba freepik.com/olegdoroshenkoIlustrasi jaring laba-laba

KOMPAS.com - Saat melihat jarring laba-laba pernahkah kamu membayangkan seberpa kuat jaring tersebut? Dalam film Spiderman, bahkan digambarkan jarring laba-laba dapat menahan laju kereta cepat dan menghentikannya.

Hal tersebut bukan sebatas fiksi ilmiah, namun jaring laba-laba merupakan salah satu material terkuat yang diciptakan secara alami oleh alam sejak 300 juta tahun yang lalu.

Menurut para ilmuan, jaring laba-laba lebih kuat dari baja dan lebih keras dari Kevlar (serat karbon ringan yang sangat kuat).

Jaring laba-laba dinilai lima kali lebih kuat dibanding dengan baja. Ketika kekuatan tarik baja dan jaring laba-laba dengan diameter yang sama diuji, baja dapat menahan kekuatan berkisar 0,2 GPa. Namun ternyata sutra laba-laba dapat menahan kekuatan tarik hingga 1 GPa.

Lalu mengapa jaring laba-laba mudah putus dan rusak ketika manusia menyentuhnya atau membersihkannya? Padahal harusnya lebih kuat dari baja?

Baca juga: Laba-laba, Buat Jaring untuk Menangkap Mangsa

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jawabannya sangat mudah, yaitu karena jaring laba-laba terbuat dari sutra yang sangat tipis. Dilansir dari ABC Education, jaring laba-laba hanya berdiameter 0,003 milimeter yang artinya 20 kali lebih tipis dibanding sengan sehelai rambut manusia.

Jangankan jaring laba-laba, jika baja dibuat setipis itu, tetap akan mudah rusak. Sebaliknya jika sutra laba-laba memiliki ukuran sebesar baja, mereka akan lebih kuat dari baja namun jauh lebih ringan.

Dilansir dari UCSB Science Line, kekuatan absolut jaring laba-laba adalah kemampuan material untuk menahan putus, terlepas dari beban yang diberikan kepadanya.

Tidak seperti baja yang terbuat dari bahan-bahan keras, sutra laba-laba terbuat dari protein. Protein tersebut dinamakan dengan spidroin yang tersusun atas asam amino, alanine, dan glisin.

Asam amino diuntang secara berulang-ulang menghasilkan untai panjang mirip seperti DNA. Begitupula dengan alanine dan glisin yang membentuk beta kristal dan amorf.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X