Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Siput, Sloth jadi Hewan Terlambat di Dunia

Kompas.com - 19/06/2021, 13:09 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang mengenal siput sebagai hewan terlambat di dunia. Padahal ada hewan lain yang geraknya jauh lebih lambat dibanding siput, namanya sloth.

Sloth mudah ditemui di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, tepatnya di kawasan hutan hujan atau hutan bakau. Sloth termasuk hewan mamalia tropis yang sangat menyukai pohon sebagai habitat tempat tinggalnya.

Sloth, hewan terlambat tapi perenang cepat

Dilansir dari situs India Today, hewan ini cenderung malas gerak, sehingga dinamai sloth yang apabila diterjemahkan berarti lesu atau malas. Bagaimana tidak? Kecepatan tertinggi hewan ini hanyalah sekitar 0,003 mil per jam atau 4,8 kilometer per jam.

Apabila dibandingkan dengan hewan mamalia lainnya, sloth memang bergerak sangat lambat. Mereka membutuhkan waktu setidaknya satu menit untuk mendaki pohon setinggi 6 hingga 8 kaki atau sekitar 1,8 sampai 2,4 meter.

Dikutip dari Live Science, walaupun sloth termasuk hewan mamalia paling lambat, namun hewan ini tergolong perenang yang cepat. Tempat tinggalnya yang berada di kawasan hutan hujan, sangat rentan terendam banjir. Sehingga mau tidak mau sloth belajar berenang untuk mempertahankan hidupnya.

Baca juga: Benarkah Jaring Laba-Laba Sangat Kuat?

Cakar panjang milik sloth

Tempat favorit sloth adalah pohon tinggi. Cakar panjang miliknya membuat sloth tidak bisa bergerak dengan mudah di tanah.

Mereka menggunakan cakar ini untuk bergelantungan di dahan pohon dan makan dedaunan yang tidak bisa dijangkau hewan lainnya.

Diperkirakan cakar sloth berukuran 3 sampai 4 inci atau setara dengan 8 hingga 10 sentimeter. Cakar ini mempunyai cengkeraman yang sangat kuat, sehingga sloth yang mati di dahan pohon pun masih sering ditemukan menggantung.

Menghabiskan sepanjang harinya di atas pohon

Sloth tidak suka melakukan perjalanan lebih dari 125 kaki (38 meter) dalam satu hari. Hewan ini menghabiskan sepanjang harinya dengan tidur. Untuk sloth yang ada di penangkaran, mereka bisa tidur selama 15 hingga 20 jam.

Sedangkan sloth liar jarang beristirahat lebih dari 10 jam. Pohon tinggi merupakan habitat tempat tinggal dan tempat tidur mereka.

Baca juga: Hemlock Water Dropwort, Racun yang Meninggalkan Senyuman

Sloth menghabiskan harinya dengan bergelantungan di atas pohon, mereka hanya turun untuk buang air besar selama seminggu sekali, mencari pasangan atau membangun wilayah baru.

Aktivitas yang dilakukannya sepanjang hari hanyalah makan dan tidur. Walaupun dikenal sebagai hewan paling lambat, banyak wisatawan atau peneliti yang menganggap jika sloth juga menjadi salah satu hewan terlucu di dunia. Karena tingkahnya yang menggemaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com