Kompas.com - 18/06/2021, 17:46 WIB
Sel tumbuhan dan organelnya openstax.orgSel tumbuhan dan organelnya

KOMPAS.com - Bumi dihuni oleh berbagai makhluk hidup, dua di antaranya adalah hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan adalah dua makhluk hidup yang sangat berbeda dari mulai kebiasaan, fisik, dan fungsi tubuhnya.

Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki perbedaan walaupun secara umum organelnya sama. Sel hewan adalah unit fungsional dasar yang membangun tubuh hewan. Adapun sel tumbuhan adalah unit fungsional dasar yang membangun tubuh tumbuhan.

Berikut adalah perbedaan sel tumbuhan dan sel tumbuhan yang wajib kamu ketahui: 

  • Sel hewan dan organelnyaopenstax.org Sel hewan dan organelnya
    Ukuran

Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dari sel hewan. Dilansir dari Microbe Notes, ukuran sel tumbuhan berkisar 10 um hingga 100 um, sedangkan sel hewan memiliki ukuran sel berkisar 10um hingga 30 um.

  • Keberadaan dinding sel

Sel tumbuhan memiliki dinding sel terdiri dari membran sel dan juga selulosa yang bersifat kaku.

Baca juga: Metagenesis Tumbuhan Paku: Pengertian, Skema dan Jenisnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga sel tumbuhan memiliki bentuk yang kaku seperti kubus atau persegi panjang dan cenderung tidak berubah.

Sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel, namun hanya memiliki membran sel. Tidak seperti dinding sel yang keras dan kaku, membran sel memiliki sifat yang tipis dan elastis. Sehingga sel hewan cenderung berbentuk bulat hingga tak beraturan, mengikuti isi organel di dalamnya.

  • Perbedaan ukuran vakuola

Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki vakuola, yang membedakan hanyalah ukurannya. Sel tumbuhan memiliki satu vakuola (vakuola tunggal) yang besar (menempati 90 persen dari volume sel), sedangkan sel hewan memiliki banyak vakuola dengan ukuran kecil.

  • Keberadaan lisosom

Sel hewan memiliki lisosom yang mengandung enzim pencernaan untuk memecah makromolekul makanan dan juga enzim hidrolitik yang membunuh bakteri dalam tubuh hewan.

Sedangkan sel tumbuhan seringkali tidak memiliki lisosom, hal ini dikarenakan pemecahan degradasi molekulnya sudah ditangani oleh badan golgi.

Baca juga: Ciri Khusus Tumbuhan Teratai dan Fungsinya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X