Kompas.com - 17/06/2021, 13:44 WIB
Ilustrasi ruang lingkup pemasaran freepik.com/rawpixel.comIlustrasi ruang lingkup pemasaran

KOMPAS.comPemasaran dibutuhkan tiap perusahaan untuk mempromosikan barang atau jasanya. Pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pemasangan iklan hingga pemasaran dari mulut ke mulut.

Menurut Aldila Septiana dalam buku Pengantar Bisnis dan Manajemen (2016), pemasaran adalah segala bentuk aktivitas yang berkaitan dengan identifikasi kebutuhan konsumen, distrubusi, promosi, penetapan harga produk serta pelayanan kebutuhan konsumen.

Dulunya pemasaran hanya dipakai di bidang bisnis saja, namun kini sudah banyak bidang yang membutuhkan konsep pemasaran. Contohnya institusi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya.

Pemasaran memiliki beberapa ruang lingkup. Mengutip dari buku Pengantar Manajemen Pemasaran (2020) karya Miguna Astuti dan Agni Rizkita Amanda, ruang lingkup pemasaran lebih ke arah pembahasan cara kerjanya, produk yang akan dipasarkan serta siapa yang akan melakukannya.

Baca juga: Definisi Pemasaran: Sosial dan Managerial

Secara lebih spesifik, berikut cakupan kegiatan pemasaran yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Organisasi
    Pemasaran dipakai untuk meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Organisasi bertugas untuk merancang kegiatan perusahaan agar berjalan dengan baik. Selain itu, organisasi juga bertanggung jawab pada perancangan produk, riset pemasaran, promosi dan distribusi.
  2. Pasar
    Pasar bisa diartikan sebagai target utama pemasaran produk atau tempat penjualan dilakukan. Misalnya pangsa pasar produk makanan Korea lebih ditujukan ke penyuka Korea. Contoh lainnya mall dijadikan tempat untuk memasarkan dan jual beli produk perusahaan.
  3. Produk
    Artinya produk yang akan dipasarkan dan dijual ke publik. Sebelumnya, produk harus melalui serangkaian tahapan, seperti tahap perencanaan, penentuan target pasar, produksi dan distribusi.
  4. Penentuan harga
    Sebelum produk dipasarkan, perusahaan haruslah menentukan harga yang sesuai. Biasanya dalam menentukan harga, perusahaan akan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Misalnya jika target pasarnya mahasiswa, berarti harganya harus tergolong murah.
  5. Promosi
    Promosi merupakan cara efektif untuk menawarkan dan memasarkan produk perusahaan supaya laris. Promosi bisa dilakukan dengan menggunakan brosur, memasang iklan di media sosial atau lainnya.

Baca juga: Kemasan dan Pemasaran Produk Kerajinan Obyek Lokal


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X