Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Bauran Pemasaran

Kompas.com - 30/12/2020, 13:55 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Agar kegiatan pemasaran berjalan dengan lancar, maka perlu membuat strategi pemasaran terlebih dahulu. Strategi pemasaran sendiri terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah strategi bauran pemasaran atau disebut juga sebagai marketing mix.

Dilansir dari buku Marketing Plan dalam Bisnis (2017) karya Titik Wijayanti, bauran pemasaran adalah serangkaian dari variabel pemasaran yang dapat dikuasai oleh perusahaan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam mencapai target pasar.

Salah satu fungsi bauran pemasaran adalah untuk membangun merek dan mencapai target penjualan. Bauran pemasaran sendiri merupakan hasil kolaborasi empat unsur, yang terdiri atas produk, harga, promosi, dan distribusi atau dikenal dengan 4 P (product, price, promotion, place).

Masing-masing unsur memiliki peran dan fungsi yang berbeda, tetapi keempat unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Baca juga: Saluran Pemasaran: Definisi, Fungsi, dan Tingkatannya

Oleh sebab itulah, bauran pemasaran harus dibuat secara menyeluruh dan terarah dengan baik sesuai dengan strategi pemasaran pemasaran yang telah ditetapkan.

Unsur-unsur dalam bauran pemasaran terlihat sederhana, tetapi dalam aplikasinya sungguh sangat rumit dan kompleks. Dibutuhkan kreativitas seseorang untuk mengubah atau memperbaiki perencanaan pemasarannya, serta melakukan evaluasi dan monitoring secara berkala.

Unsur-unsur bauran pemasaran

Di atas sudah disebutkan bahwa bauran pemasaran terdiri dari empat unsur, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Berikut penjelasan masing-masing unsur:

  1. Produk merupakan kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran.
  2. Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan konsumen untuk memperoleh suatu produk.
  3. Distribusi merupakan kegiatan perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi pasar sasaran.
  4. Promosi merupakan aktivitas menyampaikan atau menawarkan manfaat produk dan membujuk konsumen agar membeli produk yang ditawarkan.

Baca juga: Bidang-Bidang Manajemen Pemasaran

Indrawati dan kawan-kawan dalam bukunya Marketing for Non-Marketing Managers (2019) menjelaskan bahwa seiring perkembangan zaman, unsur-unsur di atas telah berevolusi menjadi 4 P (people, process, progress, performance) atau disebut sebagai Modern Marketing Management. Berikut penjelasannya:

  • People

People merupakan sosok yang memiliki penting dalam pemasaran. Dalam hal ini, peran people adalah memberikan pelayanan.

Pemberian layanan penting karena bisa saja seorang pelanggan tidak jadi membeli produk karena layanan yang diberikan oleh karyawan perusahaan kurang baik, kurang cepat, dan kurang ramah.

  • Process

Process adalah seluruh kreativitas, disiplin, dan struktur yang dibawa ke dalam proses pemasaran. Hanya dengan melembagakan serangkaian proses yang tepat dan benar, suatu perusahaan dapat terlibat ke dalam hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Sebaliknya, proses layanan produk yang lama, berbelit-belit, dan tidak nyaman akan membuat pelanggan enggan untuk membeli produk.

Baca juga: Unsur-Unsur Manajemen Ekonomi

  • Programs

Programs merupakan seluruh cakupan aktivitas yang diarahkan kepada pelanggan, baik itu secara online maupun offline.

  • Performance

Performance bisa dianalogikan seperti pemasaran holistis. Berbagai hasil mungkin saja memiliki dampak finansial dan non-finansial (profitabilitas, merek, dan ekuitas pelanggan) serta dampak ke luar perusahaan (tanggung jawab sosial, hukum, etika, dan masyarakat terkait).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com