Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2021, 17:45 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam kehidupan manusia terjadi berbagai kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan, salah satunya adalah usaha.

Untuk membuat suatu usaha baik yang menyediakan barang ataupun jasa, manusia harus melihat peluang usahanya terlebih dahulu.

Dilansir dari Law Insider, peluang usaha adalah semua ide bisnis, prospek, perencanan, ataupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai.

Sehingga peluang bisnis adalah suatu proses identifikasi kesempatan untuk memulai bisnis yang baru.

Baca juga: Perbedaan Tenaga Kerja dan Angkatan Kerja

Kriteria memilih peluang bisnis

Bisnis tentu tidak akan lepas dengan istilah peluang usaha dan kewirausahaan. Untuk menentukan peluang bisnis, terlebih dahulu harus dilakukan analisa kriteria bisnis.

Analisis kriteria bisnis melingkupi analisa modal, analisa sektor usaha, analisa penghasilan, analisa prospek, dan analisa jam kerja. Berikut penjelasannya:

  • Analisa modal adalah proses analisis sumber dan besar modal yang dimiliki. Apakah modal bersumber dari diri pribadi, menggunakan investor, atau melakukan kredit pada perbankan. Dalam analisis modal juga ditentukan seberapa banyak dana yang tersedia untuk menentukan skala dan jenis usaha yang akan dilakukan.
  • Analisa sektor usaha adala proses menganalisis sektor usaha manakah yang akan dijalani. Dalam analisis sektor usaha harus dipilih jenis usahanya apakah pada bidang pertanian, perkebunan, industri makanan, pariwisata, industri tekstil, maupun kerajinan.
  • Analisa penghasilan adalah proses menganalisi kemungkinan penghasilan yang akan didapatkan dari usaha. Dalam analisis penghasilan harus diingat bahwa usaha harus bisa memberikan keuntungan dan bukannya kerugian. Besar kecilnya keuntungan dan regulasi modal juga ikut diteliti dalam analisis ini.
  • Analisa prospek adalah proses menilai apakah usaha yang telah dipilih memiliki prospek bagus atau tidak dimasa depan. Usaha yang bagus adalah usaha yang memiliki prospek cerah, di mana usaha dapat bertahan lama dan tetap diminati oleh konsumen di masa depan.
  • Analisa jam kerja adalah analisis manajemen waktu dan tenaga kerja. Di mana jam kerja yang diterapkan harus efektif sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas tanpa harus mengalami kelelahan.

Baca juga: Hubungan Tenaga Kerja dengan Perekonomian Sebuah Negara

Cara mengidentifikasi peluang bisnis

Berikut adalah cara mengidentifikasi peluang bisnis agar bisa membangun atau mengembangkan bisnis dengan baik, yaitu:

  • Menggali informasi

Mencari informasi dalah kunci utama dalam menemukan peluang usaha. Mencari informasi dapat dilakukan dengan menemukan tren apa yang sedng berkembang dan digandrungi dalam komunitasmu sendiri.

Dengan mencari informasi baik dengan membaca maupun berinteraksi, dapat ditemukan peluang bisnis dalam komunitas lokal yang sekiranya memiliki prospek bagus.

  • Menggunakan pengalaman pribadi

Menggunakan pengalaman pribadi dapat menjadi peluang bisnis dengan latar belakang yang kuat.

Dilansir dari Entrepreneur, daripada menunggu orang lain menyelesaikan masalah diri pribadi maka lebih baik menyelesaikan masalah tersebut sebagai ide bisnis atau peluang usaha.

Misalnya seseorang yang memiliki kondisi kulit yang membuat berbagai makeup di pasaran mengiritasi kulitnya.

Baca juga: Ketenagakerjaan: Pengertian, kelompok dan Klasifikasi tenaga kerja

Daripada mencari produk makeup yang cocok secara terus-menerus, lebih baik melihatnya sebagai peluang usaha.

Orang tersebut bisa membuat produk makeupnya sendiri yang cocok bagi kondisi kulitnya dan menjual ke pasaran terutama pada orang dengan kondisi kulit yang sama.

  • Melihat pesaing

Saat telah ditemukan peluang bisnis pada suatu sektor, melihat pesaing dalam sektor tersebut adalah hal yang penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com