Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-Ciri Masyarakat Modern

Kompas.com - Diperbarui 16/12/2021, 10:59 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat modern tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Kehidupannya pun sudah lebih terarah atau tertata ke masa kini.

Contohnya penggunaan smartphone sebagai alat komunikasi, penggunaan kipas angin sebagai pendingin ruangan, penggunaan komputer untuk belajar atau bekerja, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan masyarakat modern?

Pengertian masyarakat modern

Masyarakat modern merupakan golongan masyarakat yang orientasi hidup dan nilai budayanya lebih terarah di masa kini.

Masyarakat modern juga dapat diartikan sebagai bentuk transformasi dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang lebih maju dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, serta cara berpikirnya.

Dilihat dari perbedaan cara berpikirnya, masyarakat modern identik dengan negara maju karena lebih berpikir rasional. Sedangkan masyarakat tradisional sering dikaitkan dengan negara miskin karena cara berpikirnya masih sering irasional.

Ciri-ciri masyarakat modern

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), salah satu ciri masyarakat modern ialah memberi apresiasi atas peran individu atau kelompok dalam kehidupan bermasyarakat.

Contohnya memberi penghargaan ketika berhasil melakukan sesuatu, dan lain sebagainya. Namun, hal ini bukan menjadi patokan yang pasti tentang ciri masyarakat modern. Karena dalam masyarakat tradisional pun, apresiasi juga sering diberikan kepada mereka yang berjasa.

Baca juga: Masyarakat: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsi

Dilansir dari Study Lecture Notes, berikut delapan ciri-ciri masyarakat modern:

Sektor industri dan teknologi berkembang sangat pesat

Ciri masyarakat modern yang paling utama ialah perkembangan dalam sektor industri dan teknologi. Masyarakat modern sering mengembangkan atau memunculkan berbagai inovasi untuk mempermudah kehidupannya.

Contohnya penggunaan robot untuk meningkatkan efektivitas kerja, penggunaan mesin canggih untuk produksi barang, dan lain-lain.

Adanya urbanisasi

Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota. Dalam masyarakat modern, banyak orang yang melakukan urbanisasi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi atau pendidikannya.

Contohnya melakukan urbanisasi untuk bersekolah dan bekerja di ibu kota, dan lain-lain. Urbanisasi hampir selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat saat ini.

Pekerjaannya tidak bergantung pada alam dan bersifat heterogen

Mata pencaharian masyarakat modern tidak hanya berasal dari satu sektor saja, melainkan sangat beragam. Selain itu, masyarakat modern sudah tidak lagi bergantung langsung pada alam, yang mana hal ini masih dijalani oleh masyarakat tradisional.

Contohnya masyarakat tradisional bercocok tanam untuk kebutuhan konsumsinya, masyarakat modern mengolah bahan pangan (seperti beras, daging, susu) untuk kebutuhan konsumsinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com