Kompas.com - 22/02/2021, 13:18 WIB
Ilustrasi masyarakat: pengertian, ciri-ciri, dan fungsinya freepik.com/pikisuperstarIlustrasi masyarakat: pengertian, ciri-ciri, dan fungsinya

KOMPAS.com - Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, masyarakat merupakan sejumlah manusia dalam arti seluas-luassnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama.

Awal dari masyarakat berasal dari hubungan antar-individu, kemudian kemlompok yang lebih besar menjadi suatu kelompok besar orang yang disebut masyarakat.

Dalam buku Pembangunan Masyarakat: Merangkai Sebuah Kerangka (2009) oleh Soetomo, pengertian masyarakat adalah suatu kesatuan yang selalu berubah yang hidup klarena proses masyarakat,

Masyarakat terbentuk melalui hasil interaksi yang terus-menerus antar-individu. Dalam kehidupan bermasyarakat selalu ditemui kehidupan individu dengan masyarakat yang saling memengaruhi.

Baca juga: Sistem Ekonomi Liberal pada Masa Kolonial dan Kondisi Masyarakat

Pengertian masyarakat juga dapat diartikan sebagai golongan besar atau kecil yang terdiri dari beberapa manusia yang dengan atau karena sendirinya bertalian secara golongan. Serta saling memengaruhi satu sama lain.

Penggunaa istilah masyarakat dapat menggambarkan bahwa hakikat manusia yang senantiasai ingin hidup bersama dengan orang lain.

Pengertian masyarakat tidak akan bisa dilepaskan dari kebudayaan dan kepribadian. Hal ini karena individu di dalamnya tidak bisa lepas dari nilai-nilai, norma, tradisi, kepentingan, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri masyarakat

Masyarakat menjadi bentuk kehidupan bersama manusia. Ciri-ciri masyarakat sebagai berikut:

  1. Hidup secara berkelompok
  2. Melahirkan kebudayaan
  3. Terdapat interaksi antaranggota
  4. Mengalami perubahan
  5. Adanya pemimpin
  6. Memiliki stratifikasi sosial

Baca juga: Peranan Masyarakat Luar Negeri Sebagai Pelaku Ekonomi

Syarat fungsi masyarakat

Berdasarkan buku Teori Sosiologi tentang Perubahan Sosial (1983) oleh Soerjono Soekanto, fungsi-fungsi masyarakat adalah:

Halaman:

Sumber KBBI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X