Kompas.com - 18/03/2021, 13:46 WIB
Ilustrasi baju Kurung Brunei Darussalam freepik.com/dualororuaIlustrasi baju Kurung Brunei Darussalam

KOMPAS.com - Kebudayaan di Brunei Darussalam cukup beragam. Hal ini karena masyarakat Brunei Darussalam terdiri dari Melayu, Tionghoa, dan lainnya.

Mayoritas agama yang dianut adalah Islam, sehingga sistem kebudayaan di Negara Brunei berkiblat pada Islam dengan pengaruh dari budaya Melayu.

Salah satu kebudayaan Brunei Darussalam dapat dilihat dari pakaian tradisionalnya.

Dilansir dari situs Encyclopedia, Brunei Darussalam merupakan negara kerajaan yang letaknya di Utara Pulau Kalimantan.

Karena mayoritas penduduknya adalah orang Melayu, maka pakaian orang Melayu Brunei mirip dengan pakaian orang Melayu yang ada disekitarnya.

Baca juga: Babaju Kun Galung Pacinan, Salah Satu Pakaian Tradisional Kalimantan Selatan

Pakaian tradisional negara Brunei Darussalam adalah baju kurung dari bahan yang sama. Baju kurung digunakan oleh kaum perempuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baju kurung milik Brunei Darussalam memiliki bentuk yang sama seperti di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand bagian selatan.

Baku kurung yaitu baju longgar yang terdiri dari blus panjang dan rok panjang. Bahan yang digunakan adalah katun, satin, atau sutera.

Baju kurung digunakan sesuai dengan persyaratan hukum Islam bahwa wanita mengenakan pakaian tertutup kecuali wajah dan tangan.

Sebagai bawahan, baju kurung dipadukan dengan kain songket untuk dijadikan sarung atau rok bagi busana wanita. Selain itu juga dilengkapi dengan perhiasan, tas kecil atau kipas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.