Kompas.com - 17/03/2021, 20:29 WIB
Ilustrasi baju Pattuqduq Towaine dari Suku Mandar, Sulawesi Barat Youtube/Em-Em ChannelIlustrasi baju Pattuqduq Towaine dari Suku Mandar, Sulawesi Barat

KOMPAS.com - Tiap-tiap provinsi tentu memiliki pakaian khas masing-masing, termasuk di Sulawesi Barat.

Berdasarkan buku Mempertahankan Tradisi di Tengah Krisis moralitas (2020) oleh Muhammad Qadaruddin, baju Pattuqduq Towaine merupakan baju tradisional Suku Mandar, Sulawesi Barat. Baju ini mencerminkan busana yang digunakan oleh perempuan Mandar pada umumnya.

Baju Pattuqduq Towaine sering digunakan pada pernikahan adat maupun untuk busana tari Pattiqtuq. Baju ini memiliki jumlah yang cukup banyak menyesuaikan acara yang sedang dibawakan.

Busana perempuan

Dalam buku Ensiklopedi Sejarah, Tokoh, dan Kebudayaan Mandar (2004) oleh Suradi, atasan busana Pattuqduq Towaine untuk perempuan adalah Rawang Bono untuk adat pernikahan dan baju Pokko untuk busana tarian.

Baca juga: Baju Pesaan, Pakaian Tradisional Jawa Timur

Keduannya berbentuk baju lengan pendek dengan bahan kain yang memiliki warna cerah. Lipaq Saqbe, sarung dengan motif tenun khas Mandar sebagai bawahan.

Motif yang digunakan biasanya corak raja, corak biji delima, atau batu dadzima. Untuk aksesori atau hiasan, mengenakan sanggul yang dilingkari hiasan bunga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian pada pinggul memakai kawari yang dilengkapi dengan ikat pinggang yang disebut Sima-Simang. Kalung koin emas juga menghiasai leher, serta Gallang Balleq sebagai gelang di kedua pergelangan tangan.

Busana pria

Busana Pattuqduq Towaine untuk pria lebih sederhana dibandingkan pakaian perempuan. Pada umumnya menggunakan jas warna hitam dan bawahan celana panjang kain berwarna hitam juga.

Baca juga: Baju Jawi Jangkep dan Kebaya, Pakaian Tradisional Jawa Tengah

Untuk hiasan pelengkapnya yaitu penutup kepala berwarna hitam dengan beberapa motif sebagai hiasan. Untuk baju ditambahkan juga kain sarung tenun yang dililit pada pinggang.

Busana Pattuqduq Towaine untuk pria sengaja dibuat sederhana karena ingin menunjukkan bahwa seorang laki-laki harus gesit dan cekatan, terutama dalam bekerja.


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X