Kompas.com - 08/03/2021, 13:14 WIB
Tiga limas kongruen dari satu kubus math.brown.eduTiga limas kongruen dari satu kubus

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat Piramida di Giza? Piramida Giza adalah bangun ruang tiga dimensi dengan alas segi empat yang mengerucut pada satu titik puncak.

Bentuk Piramida Giza disebut dengan limas. Kita dapat menghitung volume atau keseluruhan isi yang dapat ditampung oleh suatu piramida dengan cara menghitung volume limas.

Limas dapat memiliki alas yang berbeda-beda, seperti limas segitiga, limas segi empat, limas segi lima, dan limas segi enam. Rumus luas permukaan limas bergantung dari bentuk alasnya, begitu juga dengan volumenya.

Volume limas = 1/3 x luas alas x tinggi

Darimanakah angka 1/3 dari persamaan tersebut? Dilansir dari Departement of Mathematics Brown University, jika kubus dibagi menjadi tiga bagian identik berdasarkan diagonalnya maka akan didapatkan tiga buah limas yang kongruen. Sehingga volume limas adalah sepertiga dari keseluruhan volume kubus.


Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung volume limas, marilah kita simak pembahasan soal di bawah ini!

Baca juga: Cara Menghitung Volume Bola

Contoh Soal:

1. Tentukan volume limas segi empat berikut!

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Limas persegi

Jawaban:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X