Kompas.com - 08/03/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi tari Bidu travel.tribunnews.com/instagram/delfridakarlaniIlustrasi tari Bidu

KOMPAS.com - Tari Bidu berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya daerah Belu.

Tari Bidu diwariskan secara turun-temurun sebagai tarian untuk mencari jodoh oleh masyarakat. Tarian ini memang ditampilkan oleh pemuda dan pemudi masyarakat setempat.

Dalam buku Kebudayaan Suku-Suku Bangsa di Nusa Tenggara Timur (1976) oleh Hidayat, dalam tradisi Belu, ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh pemuda dan pemudi sebelum pernikahan.

Para pemudan dan pemudi harus melakukan Hameno Bidu, yaitu perjanjian dan perencanaan.

Kemudian pemuda dan pemudi saling bertemu ditempat tari Bidu akan dilaksanakan. Dalam tarian tersebut para pemuda menari satu persatu sembari memilih wanita yang disukainya.

Baca juga: Tari Cangget, Tarian Tradisional Provinsi Lampung

Setelah mereka sama-sama setuju kemudian dilanjutkan dengan proses Hanimak. Hanimak adalah proses pengenalan antara pemuda dan pemudi atas izin orangtua.

Setelah ada kecocokan, kemudian masuk ke proses Binor, saling tukar dan menyimpan barang masing-masing seperti kain, pakaian, dan lainnya.

Dalam peminangan, biasanya membawa barang yang disebut Mama Lulik yang dilanjutkan dengan Mama Tebes. Mama Tebes artinya merencanakan pernikahan.

Gerak tari Bidu

Tari Bidu dibawakan oleh penari perempuan dan pria dengan jumlah delapan atau lebih penari perempuan serta 1-2 penari pria.

Pentas tari diawali penari perempuan yang menyuguhkan sirih dan pinang kepada beberapa penonton atau tamu terhormat yang datang.

Baca juga: Tari Kancet Papatai, Tarian Perang dari Kalimantan Timur

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X