Kompas.com - 01/03/2021, 17:50 WIB
Peserta lomba berupaya memecahkan kubus Rubik dalam Rubik's Cube World Championship di Sao Paulo, Brasil, pada 17 Juli 2015. (AFP/Nelson Almeida) Peserta lomba berupaya memecahkan kubus Rubik dalam Rubik's Cube World Championship di Sao Paulo, Brasil, pada 17 Juli 2015. (AFP/Nelson Almeida)

KOMPAS.com - Kubus adalah suatu bangun ruang yang mudah dijumpai dalam kehidupan manusia. Permainan rubik, kotak hadiah, bentuk kamar, bahkan beberapa rumah memiliki bentuk kubus.

Dilansir dari Math is Fun, kubus atau heksahedron adalah bangun ruang prisma yang terdiri dari 6 sisi berbentuk persegi panjang.

Pada materi kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung luas permukaan kubus. Untuk mengetahuinya terlebih dahulu kita harus menguraikan bentuk 3 dimensi kubus menjadi 2 dimensi sebagai berikut!

onlinemathlearning.com Permukaan kubus

Dari gambar tersebut terlihat bahwa kubus terdiri dari 6 buah persegi. Maka, luas permukaan kubus adalah luas permukaan 6 buah persegi. Adapun luas persegi adalah s² atau panjang sisi x panjang sisi.

Luas permukaan kubus = 6 x luas persegi
                                     = 6 x s² cm²

Untuk lebih memahami tentang cara mencari luas permukaan kubus, yuk kita simak pembahasan soal di bawah ini!

  • Contoh Soal

1. Luas permukaan kubus dengan panjang sisi 10 cm adalah…

Jawaban:

Sisi = 10 cm

Luas permukaan kubus = 6 (sisi x sisi)
                                     = 6 (10 x 10)
                                     = 6 (100)
                                     = 600 cm²

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X