Kompas.com - 28/02/2021, 23:11 WIB
Ilustrasi bangun datar Ilustrasi bangun datar

KOMPAS.com - Trapesium adalah salah satu bangun datar yang terbentuk dari garis lurus sehingga tergolong ke dalam poligon bersama dengan persegi panjang, laying-layang, jajargenjang, dan kotak.

Dilansir dari Math is Fun, trapesium terdiri dari 4 sisi dengan sepasang sisi sejajar. Trapesium juga memiliki 4 sudut dengan jumlah sudut yang berdekatan adalah 180°.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus luas trapesium

Dengan,
a = panjang sisi sejajar yang pendek
b = panjang sisi sejajar yang panjang
t = tinggi trapesium

Rumus luas trapesium tersebut berlaku pada trapesium sama kaki, trapesium siku-siku, maupun trapesium sembarang. Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung luas trapesium, yuk kita simak contoh soal dan pembahasannya di bawah ini!

   Contoh Soal:

1. Berapakah luas trapesium berikut ini?

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Trapesium siku-siku

Jawaban:

a = 12 cm
b = 16 cm

Gambar tersebut menunjukkan trapesium siku-siku karena adanya sudut 45° dan garis yang tegak lurus. Untuk mengetahui keliling trapesium tersebut, kita terlebih dulu harus mencari tinggi trapesium yang diwakilkan oleh garis titik-titik.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X