Kompas.com - 27/02/2021, 17:53 WIB
Ilustrasi cerita jenaka dan contohnya KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi cerita jenaka dan contohnya

KOMPAS.com - Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, cerita jenaka merupakan cerita penghibur yang membangkitkan tawa, jenaka, keriangan atau sindiran.

Dalam buku Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik (2011) oleh Liaw Yock Fang, jenaka juga memiliki arti cerdik, berakal, dan tahu ilmui siasat. Cerita jenaka adalah cerita tentang tokoh yang lucu, menggelikan, atau licik dan licin.

Cerita jenaka ini lahir karena kecenderungan manusia yang suka berlebih-lebih, misalnya untuk menceritakan kebodohan manusia tercipta tokoh yang bodoh sekali.

Untuk menceritakan kemujuran manusia, muncullah pula tokoh yang mujur sekali, dan beberapa cerita dan tokoh yang lain.

Cerita jenaka ini sebenarnya bagian dari sastra dunia. Di dalam sastra Jerman dan Belanda tokoh cerita jenaka yang terkenal adalah Uilenspiegel. Di dalam sastra Arab-Turki bernama Jaha atau Khoja Nasreddin.

Baca juga: Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Fiksi

Sedangkan dalam sastra Nusantara paling banyak yang dikenal adalah orang-orang Batak, seperti Ama ni Pandir, Si Lahapm Si Jonaha.

Tetapi tokoh yang paling terkenal adalah Kebayan, yang terdapat dalam sastra Sunda.

Cerita jenaka yang berisikan kejadian lucu yang terjadi pada masa lalu, terbagi menjadi dua jenis yaitu cerita jenaka tempatan dan cerita jenaka pengaruh asing atau luar.

Beberapa contoh cerita jenaka dari buku 360 Cerita Jenaka Nasruddin Hoja: Sang Mullah yang Mendunia (2001) oleh Irwan Winardi, sebagai berikut:

  • Resepnya Ada Padaku

Suatu hari, Nasruddin beli lidah kambing di pasar. Dalam perjalanan dia bertemu dengan seorang temannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X