Kompas.com - 28/02/2021, 23:12 WIB
Ilustrasi bangun ruang Ilustrasi bangun ruang

KOMPAS.com - Kerucut merupakan bangun ruang non-kongruen yang terdiri dari sekumpulan cakram bundar yang ditumpuk satu sama lain sehingga rasio jari-jari cakram yang berdekatan tetap konstan.

Dilansir dari Byju's, sederhananya kerucut adalah segitiga yang sedang diputar pada salah satu ujungnya.

Rumus untuk menghitung volume kerucut adalah

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus volume kerucut

Di mana,

r = jari-jari alas
t = tinggi
π = 3,14 atau22⁄7

Dari rumus volume yang didapat, dapat disimpulkan bahwa untuk menghitung volume kerucut terdapat rumus dari cara menghitung lingkaran karena luas penampang kerucut terdiri dari segitiga dan lingkaran seperti pada gambar di bawah ini:

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Bentuk permukaan kerucut

Karena alas permukaan kerucut adalah lingkaran dam selimutnya adalah segitiga maka rumus untuk menghitung luas alas permukaan kerucut adalah luas alas + luas selimut.

  • Rumus luas alas kerucut

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus luas alas kerucut

Di mana,

r = jari-jari alas
π = 3,14 atau22⁄7

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber BYJU'S
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X