Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Etiolasi pada Tumbuhan?

Kompas.com - 25/01/2021, 21:03 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tumbuhan memerlukan sinar Matahari untuk dapat tumbuh dengan baik. Namun tahukah kamu bahwa tumbuhan juga dapat hidup tanpa adanya sinar Matahari? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini.

Etiolasi

Etiolasi adalah peristiwa pertumbuhan tidak normal dimana tanaman tumbuh di tempat gelap tanpa adanya sinar Matahari. Dilansir dari Kimball's Biology Pages, etiolasi menyebabkan tanaman memanjang lebih cepat dari biasanya yang diakibatkan kerja hormon pertumbuhan auksin.

Auksi adalah hormon pertumbuhan yang mengatur pertambahan panjang sel batang pada tanaman dan mempengaruhi pertumbuhan batang menuju cahaya.

Dilansir dari Gardening Know How, auksin diproduksi pada ujung tanaman dibawa ke bagian pertumbuhan dan meningkatkan keasaman. Keasaman ini melemahkan dinding sel dan memicu ekspansi atau pemanjangan yang disertai terbentuknya etioplas (bakal sel kloroplas).

Hal tersebut adalah mekanisme untuk mendapatkan cahaya, dimana jika tumbuh lebih panjang dan cepat berarti semakin cepat juga tanaman mendapatkan cahaya.

Baca juga: Contoh Tumbuhan Xerofit

 

Walaupun cepat, etiolasi menghasilkan tanaman dengan ruas batang yang panjang, rapuh, tipis, pucat karena kekurangan klorofil, dan mudah terserang infeksi berbagai penyakit.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Di sebelah kiri tumbuhan normal dan di sebelah kanan tumbuhan etiolasi, terlihat ruas-ruas batang tumbuhan etiolasi jauh lebih panjang dengan warna pucat dan daun yang kecil

Dilansir dari Kimball's Biology Pages, selama mengalami etiolasi tanaman sangat bergantung pada nutrisi pada bijinya maupun pada tanah. Hal ini dikarenakan tanaman tidak bisa melakukan fotosintesis akibat tidak adanya cahaya Matahari. Jika etiolasi terus dibiarkan, tanaman akan mati sehingga etiolasi harus dihentikan.

Cara Menghantikan Etiolasi

Karena etiolasi adalah mekanisme tanaman untuk mendapatkan cahaya, maka etiolasi dapat dihentikan dengan menempatkan tanaman di tempat yang terkena sinar Matahari.

Saat tumbuhan dengan etiolasi akhirnya mendapat cahaya, fotoreseptor tumbuhan akan menangkap cahaya dan mengubah etioplas menjadi kloroplas.

Dalam kloroplas kemudian akan terbentuk klorofil untuk kemudian berfotosintesis membentuk makanannya sendiri.

Dimulai dari sini, tanaman akan tumbuh dengan normal. Batangnya akan mulai membesar dan warnanya berangsut tidak pucat.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com