Kompas.com - 25/01/2021, 18:40 WIB

KOMPAS.com - Dalam akuntansi, istilah aset, liabilitas dan ekuitas sudah tidak asing lagi. Ketiga hal ini memegang peranan pokok dalam tata kelola badan usaha.

Tahukah kamu apa itu aset, liabilitas, dan ekuitas? Secara sederhana, aset adalah yang dimiliki. Liabilitas adalah tanggungan atau utang. Sedangkan ekuitas adalah yang didapatkan.

Simak penjelasannya berikut ini!

Aset

Dilansir dari situs Bench Accounting, aset dapat diartikan sebagai sumber daya yang dimiliki dan dikuasai oleh suatu perusahaan. Contoh aset adalah uang kas serta aset berupa bangunan.

Aset berarti jika sumber daya tersebut dimiliki dan memiliki nilai tertentu. Aset dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Aset lancar
    Aset ini biasanya dalam bentuk uang tunai atau segala hal yang bisa ditukar menjadi uang tunai, untuk digunakan dalam waktu dekat. Contohnya adalah uang tunai, inventaris, dan lain sebagainya.
  2. Aset tetap
    Aset ini digunakan untuk menjalankan aktivitas perekonomian perusahaan. Aset ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dijual atau diubah menjadi uang tunai. Contohnya adalah tanah, merk dagang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Akuntansi: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Jenis Bidangnya

Liabilitas

Liabilitas merupakan suatu kewajiban yang dimiliki perusahaan, timbul dari kejadian di masa lalu. Contoh liabilitas adalah utang pembayaran pajak serta utang pembayaran gaji.

Kata lain dari liabilitas adalah hutang yang dimiliki perusahaan saat meminjam dana atau bentuk lainnya ke perusahaan lainnya.

Ada dua jenis kewajiban atau liabilitas, yakni:

  1. Kewajiban lancar
    Hutang ini harus dibayar dalam 12 bulan ke depan atau hutang jangka pendek. Contohnya adalah hutang gaji atau upah.
  2. Kewajiban tidak lancar
    Hutang ini harus dalam waktu 12 bulan lebih atau hutang jangka panjang. Contohnya adaah hutang usaha.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.