Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Arsitek

Kompas.com - 16/01/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi arsitek ShutterstockIlustrasi arsitek

KOMPAS.com - Dalam melakukan tugasnya, arsitek memiliki tanggung jawab besar. Tanggung jawab mengenai hasil kerja yang dibuat arsitek maupun orang-orang di bawahnya.

Seorang arsitek tidak hanya pintar menggambar, namun juga jeli dalam merancang dan menghitung segala yang dibutuhkan dalam membangun sebuah bangunan.

Dilansir dari situs Career Addict, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang arsitek, di antaranya:

  • Keterampilan berhitung

Seluruh konsep arsitektur berdasarkan pada aturan dan matematika. Sehingga seorang arsitek harus memiliki pemahaman yang juta tentang prinsip berhitung.

Memiliki kelas tambahan matematika menjadi salah satu hak yang bisa dilakukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan Anda mengenai perhitungan.

Mau tidak mau, keterampilan ini menjadi persayaratan dasar untuk mendaftar di gelar arsitektur mana pun.

Baca juga: Apa Kehebatan Seorang Arsitek?

  • Keterampilan kreatif

Keterampilan imajinati atau kreativitas seorang arsitek harus tinggi jika ingin menjadi seorang arsitek. Hal ini karena tuntutan zaman yang terus berkembang.

Setiap orang tentu memiliki rumah idaman atau desain bangunan yang sesuai dengan imajinasi mereka. Kemampuan kreatif seorang arsitek harus dapat menafsirkan keinginan tersebut.

Kemampuan untuk menjadi kreatif dan menghidupkan ide-ide baru yang berani adalah misi penting dari setiap arsitek. Jika ingin pekerjaannya berkesan dan diterima dengan baik, maka harus terus berinovasi.

  • Keterampilan desain

Seorang arsitek harus memiliki pemahaman yang baik tentang keterampilan desain, seperti cara menggabungkan daya tarik visual dengan fungsional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X