Usaha Masyarakat Untuk Menjaga dan Memelihara Sumber Daya Alam

Kompas.com - 15/01/2021, 15:50 WIB
Ilustrasi menanam pohon. SHUTTERSTOCKIlustrasi menanam pohon.

KOMPAS.com - Dalam memanfaatkan sumber daya alam harus dengan wawasan lingkungan yang tepat. Meskipun sumber daya alam dapat diperbaharui. dalam pemakaiannya tetap harus hemat dan bijaksana.

Sumber daya alam dan lingkungan hidup berperan penting dan strategis dalam mengamankan serta menjamin seluruh kelangsungan pembangunan berkelanjutan.

Dalam buku Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan (2004) karya NHT Siahaan, adapun usaha-usaha masyarakat untuk menjaga dan memelihara sumber daya alam, yaitu:

  1. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul
  2. Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan
  3. Menjaga kebersihan lingkungan
  4. Membuat terasering pada pertanian di pegunungan

Baca juga: Bagaimana Masyarakat Memanfaatkan Sumber Daya Alam?

Kerusakan lingkungan hidup akibat pemanfaatan sumber daya yang berlebihan dapat menimbulkan bencana. Sehingga masyarakat mulaui menerapkan usaha-usaha untuk pelestarian lingkungkan hidup.

Pelestarian lingkungan hidup

Arif Zulkifli dalam bukunya Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan (2014), menjelaskan bahwa pelestarian lingkungan hidup merupakan rangkaian memelihara kelangsungan lingkungan hidup.

melakukan pelestarian lingkungan hidup artinya, masyarakat harus memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara bijaksana. Sehingga keseimbangan lingkungan di dalam sumber daya alam tetap terjaga.

Baca juga: Mengelola Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan

Tujuan pelestarian lingkungan hidup, di antaranya:

  • Mewujudkan manusia sebagai pembinadan mitra lingkungan hidup.
  • Mewujudkan kelestarian atara hubungan manusia dengan lingkungan hidup.
  • Melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan demi generasi mendatang.
  • Mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara ekoefisiensi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X