Ciri-ciri pada Masa Pubertas Anak Perempuan

Kompas.com - 15/01/2021, 15:00 WIB
Munculnya jerawat merupakan salah satu ciri pubertas pada anak perempuan brgfxMunculnya jerawat merupakan salah satu ciri pubertas pada anak perempuan

KOMPAS.com - Setiap manusia pasti akan mengalami masa peralihan anak-anak menjadi dewasa. Peralihan ini juga sering disebut sebagai masa pubertas.

Dilansir dari situs Nemours Kids Health, masa pubertas atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai puberty merupakan masa di mana tubuh mulai berkembang serta beralih dari anak menjadi dewasa.

Baik pria maupun perempuan, semuanya pasti akan mengalami masa pubertas. Hal ini tidak hanya mengubah bentuk fisik seseorang, namun juga mengubah emosi serta perilaku.

Umumnya perempuan mengalami masa pubertas lebih cepat dibanding pria. Pria akan mengalami pubertas biasanya pada usia 10 hingga 15 tahun.

Lalu bagaimana dengan perempuan? Perempuan biasanya akan mengalami masa pubertas pada usia 8 hingga 13 tahun.

Baca juga: Ciri-Ciri Pubertas Perempuan

Ciri pubertas yang dialami perempuan

Salah satu ciri masa pubertas yang dialami perempuan adalah menstruasi. Hal ini bukan sesuatu yang aneh karena menstruasi pada seorang perempuan menandakan berfungsinya organ reproduksi.

Selain itu, perempuan akan mengalami produksi minyak berlebih selama masa pubertas yang akan menimbulkan jerawat. Berikut penjelasannya:

  • Mengalami menstruasi

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim melalui alat kelamin perempuan atau yang disebut vagina. Menstruasi biasanya akan terjadi dalam satu bulan sekali selama tiga hari hingga tujuh hari.

Umumnya perempuan akan mengalami menstruasi pertamanya pada usia 11 atau 12 tahun. Namun, ada juga perempuan yang mengalaminya pada usia 9 tahun, 10 tahun, atau 15 tahun. 

Jika perempuan mengalami menstruasi, hal ini berarti adanya produksi sel telur di ovarium tiap bulannya. Apabila sel telur sudah matang dan dibuahi, akan terjadi kehamilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X