Manfaat Tumbuhan dan Hewan Terhadap Kehidupan Manusia

Kompas.com - 14/01/2021, 17:57 WIB
Ilustrasi tanaman obat shutterstockIlustrasi tanaman obat

KOMPAS.com - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan peraian yang sangat luas.

Dengan kondisi tersebut, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang berkembang.

Sumber daya tersebut merupakan tumbuhan dan hewan yang dibutuhkan oleh manusia. Lalu, apa saja manfaat tumbuhan dan hewan terhadap manusia?

Manfaat tumbuhan

Dilansir dari buku Tumbuhan Menjadikan Udara Sejuk (2007) karya Sukirman dan teman-teman, tumbuhan mampu menyejukkan udara di sekitar kita.

Karena salah satu manfaat tumbuhan dapat menyerap gas beracun. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyediakan oksigen (O2) yang dibutuhkan manusia untuk benafas.

Baca juga: Penyebab Kepunahan Hewan dan Tumbuhan

Selain itu, tumbuhan juga dapat menghasilkan bahan makanan untuk dikonsumsi manusia. Setiap bagian dari tumbuhan bisa dimanfaatkan lho, di antaranya:

  • Akar

Akar bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti singkong dan wortel. Bisa juga dimanfaatkan sebagai obat-obatan seperti ginseng dan akar alang-alang.

  • Batang

Batang dari beberapa tumbuhan biasanya digunakan untuk bahan bangunan, perabot rumah tangga, dan bahan kerajinan. Tumbuhan yang dimanfaatkan biasanya batang phon jati, pohon kelapa, dan pohon mahoni.

Tak hanya sebagai bahan bangunan, batang tumbuhan juga bisa dijadikan bahan makanan seperti ubi jalar, kentang, dan ubi jalar.

Baca juga: Pentingnya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

  • Daun

Tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya masuk dalam kategori sayuran, seperti kol, bayam, sawi, kangkung, dan masih banyak lainnya. Ada juga yang dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, yaitu kemangi dan pandan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X