Kompas.com - 30/12/2020, 22:41 WIB
Sebuah proses mitosis dalam sebuah gambar mikroskopis KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDASebuah proses mitosis dalam sebuah gambar mikroskopis

KOMPAS.com - Pembelahan mitosis adalah pembelahan yang menghasilkan anakan yang sama persis dengan induknya.

Kesamaan ini terjadi karena adanya pos pemeriksaan pada pembelahan mitosis dan juga siklus sel. Dalam materi kali ini kita akan membahas bagaimana pembelahan mitosis menjaga kestabilan genetik dengan pos pemeriksaannya.

Soal dan Pembahasan

Jelaskan mengapa mitosis dapat menjaga kestabilan genetik suatu organisme?

Jawaban:

Mitosis dapat menjaga kestabilan genetik karena mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua anak baru dengan gen yang sangat identik juga jumlah kromosom yang dipertahankan dari induknya.

Dalam mitosis, informasi genetik disalin secara tepat sehingga tidak ada perubahan informasi genetik, jadi informasi genetik selalu sama atau stabil pada mitosis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, mitosis juga memiliki pos pemeriksaan untuk mencegah adanya perubahan informasi genetik atau ketidakstabilan genom yang terdiri dari G2 dan pos pemeriksaan spindle.

Baca juga: Siklus Sel: Fase Istirahat dan Mitosis

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Pos pemeriksaan DNA pada mitosis

Pos Pemeriksaan G2

Pada pos G2 terjadi pemeriksaan apakah DNA ada yang rusak dan apakah semua informasi genetik terlah disalin secara lengkap.

Jika anakan hasil mitosis ada kerusakan dalam DNAnya, maka kerusakan akan diperbaiki namun jika kerusakan tidak bisa diperbaiki maka sel anak tersebut akan dimatikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X