Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wawasan Nusantara: Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan

Kompas.com - Diperbarui 12/02/2022, 14:52 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki ribuan pulau. Pulau-pulau terseut tersebar dan terpisah satu sama lain di perairan Indonesia. Hal inilah yang membuat persatuan dan kesatuan harus terus dijaga dan dilestarikan. 

Wawasan nusantara menjadi salah satu pandangan yang harus dimiliki oleh setiap rakyat Indonesia sebagai suatu kebanggaan terhadap bangsa sendiri. 

Dikutip dari buku Wawasan Nusantara (2020) oleh Sri Widayanti, wawasan nusantara adalah caa pandang bangsa Indonesia terhadap lingkungan sekitarnya. 

Dalam mewujudkan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan. 

Sebagai sebuah konsep yang mengandung pemikiran penting, wawasan nusantara pastinya memiliki kedudukan dalam paradigma nasional.

Baca juga: Asas-Asas Wawasan Nusantara

Disadur daru buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2016) karya Sarinah dan teman-teman, dijelaskan stratifikasi paradigma nasional, yaitu:

  • Pancasila sebagai falsafah, ideologi bangsa, dan dasar negara, berkedudukan sebagai landasan idiil.
  • Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusi negara, berkedudukan sebagai landasan konstitusional.
  • Wawasan nusantara sebagai visi nasional, berkedudukan sebagai landasan visional.
  • Ketahanan nasional sebagai konsepsi nasional, berkedudukan sebagai landasan konsepsi nasional.
  • GBHN sebagai politik dan strategi nasional atau sebagai kebijaksanaan dasar nasional, berkedudukan sebagai landasan operasional.

Dari stratifikasi tersebut diketahui bahwa wawasan nusantara dalam paradigma nasional berkedudukan sebagai landasan visional.

Artinya, wawasan nusantara menjadi ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia, agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional. 

Fungsi wawasan nusantara antara lain sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca juga: Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara

Dilansir dari buku Kewarganegaraan & Masyarakat Madani (2019) karya Heri Herdiawanto dan kawan-kawan, tujuan wawasan nusantara yaotu mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakuat Indonesia, serta mengutamakan kepentingan nasional. 

Tujuan wawasan nusantara lainnya, yakni: 

  • Mewujudkan kesatuan dan persatuan seluruh aspek kehidupan untuk menjamin kelangsungan penyelenggaraan bangsa dan negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.
  • Mewujudkan hubungan dengan dunia internasional berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial guna mendukung kepentingan nasional.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com