Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspek Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

Kompas.com - 17/12/2020, 20:54 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain trigatra, ada satu lagi komponen yang menyusun astagatra, yaitu pancagatra. Apabila trigatra berhubungan dengan aspek alamiah, maka pancagatra ini berhubungan dengan aspek sosial.

Dilansir dari laman resmi Perpustakaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, dijelaskan, lima aspek sosial dalam pancagatra, yaitu:

  • Ideologi

Ideologi merupakan suatu sistem nilai dan kebulatan ajaran yang memberikan motivasi. Ideologi juga mengandung konsep dasar tentang kehidupan dicita-citakan oleh suatu bangsa.

Suatu ideologi umumnya bersumber dari suatu falsafah dan merupakan pelaksanaan dari sistem falsafah itu sendiri. Bagi bangsa Indonesia, pancasila merupakan ideologi yang bersifat final.

Pancasila tidak bisa dirubah ataupun ditawar. Nilai-nilai yang ada pada pancasila bersumber dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia yang sudah aja sejak ratusan tahun lalu.

Baca juga: Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara

  • Politik

Sistem politik Indonesia disusun berdasarkan nilai-nilai yang ada pada ideologi pancasila dan konstitusi UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Sistem politik Indonesia merupakan asas, haluan, usaha, serta kebijakan negara tentang pembinaan serta penggunaan potensi nasional, baik yang potensial maupun yang efektif secara totalitas untuk mencapai tujuan nasional.

Dalam sistem politik terdapat kegiatan politik, adapun kegiatan politik negara Indonesia dibagi menjadi dua jenis, yaitu politik dalam negeri dan politik luar negeri.

  • Ekonomi

Aspek ekonomi berhubungan dengan kegiatan pemenuhan kebutuhan masyarakat, meliputi pengelolaan faktor produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa, serta usaha-usaha untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat dapat terlihat dari sistem perekonomian Indonesia yang disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

Baca juga: Budaya Politik: Definisi dan Tipe-Tipenya

Maksudnya adalah setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menjalankan roda perekonomian dengan tujuan mensejahteraan bangsa.

Selain itu, Indonesia juga menerapkan sistem perekonomian kerakyatan, yaitu sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat.

  • Sosial-Budaya

Dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020) karya Damri dan Fauzi Eka Putra, dijelaskan bahwa aspek sosial berhubungan dengan pergaulan hidup masyarakat Indonesia di mana nilai-nilai kebersamaan, perasaan senasib, sepenanggungan, dan solidaritas merupakan unsur pemersatu.

Contoh bentuk aspek sosial adalah gotong royong yang identik dengan semangat persatuan dan kesatuan.

Sementara aspek budaya berhubungan dengan sistem nilai yang merupakan hasil hubungan manusia dengan cipta rasa dan karsa yang menumbuhkan gagasan-gagasan utama serta merupakan kekuatan pendukung penggerak kehidupan.

Salah bentuk aspek kebudayaan adalah kebudayaan nasional yang terbentuk dari interaksi berbagai kebudayaan lokal (kebudayaan suku bangsa).

Baca juga: Integrasi Sosial: Definisi dan Bentuknya

  • Pertahanan dan Keamanan

Aspek pertahanan dan keamanan berhubungan dengan upaya mempertahankan kedaulatan Indonesia dari berbagai ancaman dan gangguan. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun sistem pertahanan yang kuat.

Dari segi pertahanan, Indonesia menggunakan sistem pertahanan semesta (sishanta) yang melibatkan seluruh sumber daya nasional. TNI sebagai komponen utama, sementara warga negara berperan sebagai komponen cadangan dan pendukung.

Jadi, upaya mempertahankan kedaulatan Indonesia dilakukan oleh semua komponen, tidak hanya TNI tetapi juga warga negara. Semua bersatu-padu untuk mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah negara Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com