Kompas.com - 15/12/2020, 12:00 WIB
Pelari Indonesia Syamsuddin Massai (no.381) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 5000 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Pada pertandingan ini Syamsudin gagal mendapatkan medali dan berada pada posisi ke 8 KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPelari Indonesia Syamsuddin Massai (no.381) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 5000 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Pada pertandingan ini Syamsudin gagal mendapatkan medali dan berada pada posisi ke 8
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com - Olahraga lari adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, olahraga ini cenderung mudah untuk dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya.

    Setiap makhluk hidup terkadang harus berlari untuk melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya untuk melakukan aktivitas, lari juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

    Pada dunia olahraga, lari tergolong dalam jenis olahraga atletik. Contohnya adalah lari sprint, lari jarak menengah dan lari jarak jauh. Sekilas olahraga ini terlihat mudah untuk dilakukan.

    Namun, sebenarnya olahraga lari juga memiliki banyak teknik yang harus dikuasai oleh para atlet atau pelari.

    Dalam olahraga atletik, lari memiliki tiga jenis teknik dasar, yaitu teknik start, teknik berlari, serta teknik melewati garis finish.

    Baca juga: Analisis Keterampilan Gerak Lari dalam Lari Jarak Menengah

    Tiga teknik dasar ini digunakan dalam berbagai jenis olahraga lari. Untuk teknik lainnya, akan disesuaikan dengan jenis cabang olahraga lari tersebut.

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Seluruh teknik tersebut sangat wajib untuk dipelajari dan dilatih sesering mungkin karena berpengaruh pada performa berlari.

    Lari jarak menengah memiliki beberapa teknik yang wajib dikuasai. Salah satunya teknik berlari di tikungan.

    Pada lari jarak menengah, para atlet harus menguasai teknik berlari di tikungan. Teknik tersebut sangat penting untuk dikuasai.

    Tujuan utama dari penguasaan teknik tersebut adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh para atlet ketika sedang berlari di tikungan.

    Baca juga: Analisis Keterampilan Gerak Start Berdiri dalam Lari Jarak Menengah

    Lalu, bagaimana posisi tubuh yang baik saat berlari di tikungan?

    Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut posisi tubuh yang baik saat akan berlari di tikungan:

    1. Pandangan tetap mengarah fokus ke depan. Pastikan jika posisi tubuh sudah siap untuk berlari di tikungan.
    2. Saat akan melewati tikungan, usahakan untuk berlari sedekat mungkin dengan lintasan yang berada di sisi sebelah kiri.
    3. Posisikan agar kedua bahu diputar ke sisi kiri (sesuai dengan tikungan lintasan). Selain itu, usahakan agar posisi kepala juga ikut miring ke sebelah kiri.
    4. Posisi sudut tangan kanan harus lebih besar dibandingkan sudut tangan kiri.

    Baca juga: Mengenal Aktivitas Lari Jarak Menengah

    Pastikan untuk menguasai dan rutin berlatih teknik tersebut. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga lari.

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.