Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Gerak Berlari di Tikungan dalam Lari Jarak Menengah

Kompas.com - 15/12/2020, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahraga lari adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di mana saja. Selain itu, olahraga ini cenderung mudah untuk dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan biaya.

Setiap makhluk hidup terkadang harus berlari untuk melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya untuk melakukan aktivitas, lari juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Pada dunia olahraga, lari tergolong dalam jenis olahraga atletik. Contohnya adalah lari sprint, lari jarak menengah dan lari jarak jauh. Sekilas olahraga ini terlihat mudah untuk dilakukan.

Namun, sebenarnya olahraga lari juga memiliki banyak teknik yang harus dikuasai oleh para atlet atau pelari.

Dalam olahraga atletik, lari memiliki tiga jenis teknik dasar, yaitu teknik start, teknik berlari, serta teknik melewati garis finish.

Baca juga: Analisis Keterampilan Gerak Lari dalam Lari Jarak Menengah

Tiga teknik dasar ini digunakan dalam berbagai jenis olahraga lari. Untuk teknik lainnya, akan disesuaikan dengan jenis cabang olahraga lari tersebut.

Seluruh teknik tersebut sangat wajib untuk dipelajari dan dilatih sesering mungkin karena berpengaruh pada performa berlari.

Lari jarak menengah memiliki beberapa teknik yang wajib dikuasai. Salah satunya teknik berlari di tikungan.

Pada lari jarak menengah, para atlet harus menguasai teknik berlari di tikungan. Teknik tersebut sangat penting untuk dikuasai.

Tujuan utama dari penguasaan teknik tersebut adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh para atlet ketika sedang berlari di tikungan.

Baca juga: Analisis Keterampilan Gerak Start Berdiri dalam Lari Jarak Menengah

Lalu, bagaimana posisi tubuh yang baik saat berlari di tikungan?

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut posisi tubuh yang baik saat akan berlari di tikungan:

  1. Pandangan tetap mengarah fokus ke depan. Pastikan jika posisi tubuh sudah siap untuk berlari di tikungan.
  2. Saat akan melewati tikungan, usahakan untuk berlari sedekat mungkin dengan lintasan yang berada di sisi sebelah kiri.
  3. Posisikan agar kedua bahu diputar ke sisi kiri (sesuai dengan tikungan lintasan). Selain itu, usahakan agar posisi kepala juga ikut miring ke sebelah kiri.
  4. Posisi sudut tangan kanan harus lebih besar dibandingkan sudut tangan kiri.

Baca juga: Mengenal Aktivitas Lari Jarak Menengah

Pastikan untuk menguasai dan rutin berlatih teknik tersebut. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga lari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com