Modernisasi: Definisi dan Dampaknya

Kompas.com - 13/12/2020, 17:36 WIB
Ilustrasi modernisasi freepik.com/vectorjuiceIlustrasi modernisasi

KOMPAS.com – Globalisasi telah memberikan dampak terhadap proses perubahan sosial dalam masyarakat.

Salah satu proses perubahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi adalah terjadinya modernisasi. Modernisasi bisa dikatakan sebagai perubahan sosial yang direncanakan.

Dilansir dari buku Eksiklopedia Sosiologi Perubahan Sosial (2018) karya Joan Hesti dan kawan-kawan, modernisasi adalah sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.

Modernisasi bisa juga diartikan sebagai suatu proses perubahan dari masyarakat tradisional ke wujud masyarakat yang modern. Faktor utama penyebab modernisasi adalah berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam masyarakat.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi bagi Negara

Modernisasi merupakan proses yang sangat luas dan kompleks. Tidak hanya mencakup bidang teknologi saja, modernisasi juga mencakup bidang lain, seperti politik, ekonomi, dan sosial.

Adapun ciri-ciri modernisasi, adalah:

  1. Munculnya sikap individualisme
  2. Munculnya diferensiasi dalam hal tenaga kerja
  3. Berkembangnya pemikiran yang rasional
  4. Kegiatan ekonomi lebih banyak difokuskan pada proses produksi, distribusi, dan konsumsi.

Tidak bisa dimungkiri bahwa masyarakat mau tidak mau harus menghadapi modernisasi sebagai bentuk perubahan sosial.

Memang modernisasi awalnya akan mengakibatkan disorganisasi dalam masyarakat. Apalagi jika sudah menyangkut nilai-nilai dan norma masyarakat.

Akan tetapi, proses modernisasi tidak bisa dilihat hanya dari sisi negatifnya saja. Proses modernisasi juga harus dilihat dari sisi positifnya juga. Sehingga modernisasi bisa dilihat sebagai sebuah proses perubahan sosial yang utuh.

Baca juga: Globalisasi: Perubahan Perilaku Masyarakat

Dampak positif dan negatif modernisasi

Dalam jurnal Pengaruh Modernisasi dan Globalisasi terhadap Perubahan Sosial Budaya di Indonesia (2017) karya Robby Darwis Nasution, dijelaskan dampak positif dan negatif modernisasi, yaitu:

  • Dampak positif

Dampak positif modernisasi, sebagai berikut:

  1. Adanya transfer teknologi dari negara maju kepada negara berkembang sehingga berdampak pada kemajuan pembangunan.
  2. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Adanya modernisasi membuat cara berpikir masyarakat berubah, semula irasional menjadi rasional.
  4. Tingkat kehidupan menjadi lebih baik karena berkembangnya proses industrialisasi.

Baca juga: Dampak Globalisasi di Berbagai Bidang

  • Dampak negatif

Dampak negatif modernisasi, yakni:

  1. Budaya dalam negeri perlahan tergeser oleh budaya luar negeri karena kemudahan masyarakat untuk mengakses budaya luar negeri tanpa adanya filter sama sekali.
  2. Munculnya budaya hedonisme dan masyarakat konsumtif. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa tujuan hidup yang paling utama adalah kesenangan dan kenikmatan. Bagi penganut budaya ini, mereka menjalani hidup sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas.
  3. Sikap individualisme lebih mendominasi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X