Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etnografi dalam Ilmu Antropologi

Kompas.com - 14/12/2020, 18:39 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comEtnografi merupakan salah satu bidang kajian penting yang melatarbelakangi lahirnya antropologi sebagai ilmu pengetahuan.

Ilmu Antropologi lahir dari catatan-catatan yang menggambarkan tentang masyarakat suatu suku bangsa.

Catatan tentang suku bangsa tersebut kemudian dikembangkan menjadi bidang kajian yang dikenal sebagai etnografi.

Dilansir dari buku Etnografi Pembangunan Papua (2019) karya Mulyadi, etnografi merupakan salah satu bagian kajian Ilmu Antropologi yang secara holistis mendeskripsikan kebudayaan suatu masyarakat, suku, dan bangsa berdasarkan hasil penelitian lapangan.

Baca juga: Sistem Religi dalam Perspektif Antropologi

Bentuk etnografi

Entografi berhubungan erat dengan penelitian ilmu antropologi. Dalam metode penelitian antropologi, entografi dibagi dalam dua bentuk, yaitu:

  • Etnografi sebagai laporan penelitian

Etnografi sebagai laporan penelitian berisi laporan tentang suatu suku bangsa yang ditulis oleh seorang entografer (peneliti) atas hasil yang diperoleh selama melakukan penelitian lapangan.

Karena merupakan sebuah laporan penelitian, maka harus ada kerangka. Kerangka berfungsi agar laporan penelitian etnografi bisa menggambarkan suatu keadaan suku bangsa secara utuh sehingga pembaca mudah untuk memahami laporan tersebut.

Dalam buku Pengantar Ilmu Antropologi (2009) karya Koentjaraningrat, dijelaskan bahwa setidaknya ada sembilan unsur yang harus ada dalam kerangka laporan penelitian etnografi, yaitu:

  1. Lokasi, lingkungan alam, dan demografi
  2. Asal mula dan sejarah suku bangsa
  3. Bahasa
  4. Sistem teknologi
  5. Sistem mata pencarian
  6. Organisasi sosial
  7. Sistem pengetahuan
  8. Kesenian
  9. Sistem religi

Baca juga: Proses Pewarisan Nilai-Nilai Kultural

Salah satu laporan penelitian etnografi yang terkenal di Indonesia adalah karya Clifford Geertz yang berjudul The Religion of Java.

  • Etnografi sebagai metode penelitian

Untuk memeroleh deskripsi suatu suku bangsa secara menyeluruh, maka etnografer menggunakan metode entografi dalam penelitiannya. Metode etnografi dilakukan dengan cara tingal langsung dalam suku bangsa yang akan diteliti.

Metode penelitian entografi biasanya dilakukan sampai bertahun-tahun karena etnografer tidak hanya mengamati dan mewawancarai, tetapi juga terlibat dalam kegiatan suku bangsa sehingga ikut merasakan apa yang dialami oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Sub Ilmu Antropologi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com