Kompas.com - 14/12/2020, 16:26 WIB
Ilustrasi nilai-nilai kultural freepik.com/pikisuperstarIlustrasi nilai-nilai kultural

KOMPAS.com – Tidak bisa dimungkiri bahwa dalam kehidupan masyarakat pasti terdapat sebuah kebudayaan.

Kebudayaan tersebut tidak lahir begitu saja, akan tetapi lahir karena dipelajari. Itulah mengapa kebudayaan terus berkembang dan tidak bersifat statis.

Selain dipelajari, kebudayaan terus berkembang karena adanya proses pewarisan nilai-nilai kultural atau nilai-nilai kebudayaan. Proses pewarisan nilai-nilai kebudayaan biasanya berlangsung dalam tiga tahap.

Dalam buku Antropologi Budaya (2002) karya I Gede A. B. Wiranata, dijelaskan tiga tahap proses pewarisan nilai-nilai kebudayaan, yaitu:

  • Proses sosialisasi

Proses sosialisasi adalah proses di mana seorang individu menyesuaikan diri dengan nilai-nilai kebudayaan masyarakat lingkungannya.

Baca juga: Sub Ilmu Antropologi

 

Dalam proses sosialisasi ini, seorang individu mulai menerima pengaruh dari sosok terdekatnya, misalnya keluarga.

Melalui proses sosialisasi ini, seorang individu menjadi tahu dan memahami tentang nilai-nilai kebudayaan yang ada di lingkungan masyarakatnya.

  • Proses internalisasi

Proses internalisasi merupakan proses penerimaan sosialisasi. Dalam proses internalisasi ini, seorang individu yang sedang menerima proses sosialisasi melakukan interpretasi (pemahaman) dari nilai-nilai yang diterima, terutama menyangkut makna yang dilihat dan didengarnya.

Individu tersebut kemudian menerima dan menginternalisasikan setiap nilai-nilai tersebut sebagai sesuatu yang diyakininya hingga menjadi bagian pandangan dari hidupnya.

Baca juga: Cara Melestarikan Budaya Indonesia

  • Proses enkulturasi

Dilansir dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi (2020) karya Elly M. Setiadi, enkulturasi adalah proses seorang individu untuk menghayati dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya terhadap sistem adat, norma, bahasa, seni, agama, serta semua peraturan dan pendirian yang hidup dalam lingkungan kebudayaan masyarakatnya.

Dalam proses enkulturasi ini, seorang individu secara sadar mempelajari dan mengembangkan setiap kebudayaan yang ada di lingkungan masyarakatnya dan mulai menerapkan kebudayaan tersebut dalam perilaku sehari-hari.

Proses enkulturasi juga mencakup proses tranmisi budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X