Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Teater Nusantara

Kompas.com - 14/12/2020, 18:00 WIB
Fidelis Dhayu Nareswari,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teater hidup dan berkembang di tengah-tengah kehidupan manusia. Teater cukup dikenal oleh masyarakat Nusantara sebagai salah satu bentuk kesenian rakyat.

Teater muncul di berbagai daerah dengan bentuk dan penampilan yang disesuaikan dengan pola, tata cara, adat istiadat, dan kekhasan daerah. 

Dari berbagai perbedaan penyajian, tiap daerah memiliki bentuk teater yang beraneka ragam.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), bentuk teater Nusantara berdasarkan wujud pertunjukan dan isi ceritanya dibedakan menjadi tiga, yakni tragedi, komedi, dan tragikomedi. 

Berikut penjelasannya: 

  • Tragedi 

Bentuk teater tragedi isi ceritanya penuh dengan konflik-konflik dan memunculkan tragedi kehidupan manusia. 

Baca juga: Seni Teater Kontemporer: Pengertian dan Cirinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tragedi merupakan sandiwara sedih (pelaku utamanya menderita kesengsaraan lahir dan batin yang luar biasa atau sampai meninggal). 

Biasanya tokoh utama dalam pertunjukan teater mengalami kegagalan dan akhir cerita yang menyedihkan.

Efek yang bisa didapat oleh penonton dalam bentuk tragedi, penonton akan turut menghayati nasib yang dialami oleh tokoh. 

Setelah menonton pertunjukan, penonton biasanya akan mengadakan introspeksi pada diri sendiri dan akan merasakan kelegaan.  

  • Komedi 

Manurut KBBI, komedi merupakan sandiwara ringan yang penuh dengan kelucuan meskipun kadang-kadang kelucuan itu bersifat menyindir dan berakhir dengan bahagia. 

Baca juga: Seni Rupa Terapan Nusantara: Pengertian dan Sejarahnya

Dalam bentuk teater komedi isi ceritanya biasanya penuh dengan humor, canda tawa, dan biasanya diakhiri dengan kegembiraan dan kebahagiaan tokoh utama. 

Dikutip dari buku Pengantar Teori Sastra (2008) karya Wahyudi Siswanto, drama komedi adalah drama ringan yang bersifat menghibur dan yang berakhir dengan bahagia. 

Biasanya drama atau pertunjukan tersebut disisipi dengan gurauan yang dapat bersifat menyindir. 

  • Trikomedia

Trimedia merupakan bentuk teater yang perpanduan antara tragedi dan komedi. Di mana isi ceritanya memuat kesedian sekaligus humor yang menghibur penonton. 

Bentuk trikomedia adalah drama yang alurnya sebenarnya lebih cocok untuk drama tragedi, tetapai berakhir bahagia seperti drama komedi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com