Lembaga Pengendalian Sosial: Jenis dan Fungsinya

Kompas.com - 30/10/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi jenis-jenis lembaga sosial shutterstock.comIlustrasi jenis-jenis lembaga sosial

KOMPAS.com – Perubahan sosial yang begitu cepat di masyarakat, seringkali menimbulkan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat.

Apabila perilaku menyimpang tersebut tidak segera diatasi, akan menimbulkan kekacuan di masyarakat. Agar kekacauan tersebut tidak terjadi, maka harus dilakukan tindakan pengendalian sosial.

Dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2017) karya Haris Priyatna, pengendalian sosial merupakan metode pengawasan terhadap masyarakat baik secara persuasif maupun koersif sehingga perilaku anggota masyarakatnya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

Agar pengendalian sosial berjalan secara efektif, maka harus ada lembaga yang memiliki fungsi pengendalian sosial.

Baca juga: Syarat Norma Sebagai Lembaga Sosial

Dilansir dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi (2020) karya Elly M. Setiadi, dijelaskan bahwa ada beberapa jenis lembaga sosial yang memiliki fungsi pengendalian sosial, berikut penjelasannya: 

  • Lembaga kepolisian

Kepolisian merupakan lembaga negara yang memiliki tugas menjaga keamanan masyarakat dari gangguan-gangguan yang akan mengancam kehidupan dan keutuhan masyarakat. Gangguan tersebut bisa saja datang dari dalam masyarakat atau dari luar masyarakat.

Sebagai salah satu lembaga keamanan negara, kepolisian memiliki alat untuk menjalankan fungsi pengendalian sosial, yaitu hukuman yang sifatnya tegas dan tertulis.

  • Lembaga sekolah

Sekolah merupakan salah satu lembaga yang memiliki fungsi pengendalian sosial. Fungsi pengendalian tersebut yaitu dengan cara memberikan wawasan pengetahuan sosial bagi warga sekolah agar bertindak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat ataupun sekolah.

Selain itu, sekolah juga memiliki seperangkat tata tertib yang wajib ditaati seluruh warga sekolah. Tujuan penerapan tata tertib adalah agar terwujud ketertiban sosial dan akademik di sekolah sehingga tujuan sekolah dapat tercapai.

Baca juga: Empat Norma Dalam Masyarakat

  • Lembaga pengadilan

Fungsi pengendalian sosial dari lembaga pengadilan yaitu mengadili, menyelesaikan masalah secara hukum dan negara, dan memberikan hukuman kepada anggota masyarakat yang melanggar hukum.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X