Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norma Tata Cara: Definisi dan Contohnya

Kompas.com - 24/10/2020, 18:41 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Kehidupan manusia memang tidak bisa lepas dari berbagai aturan yang ada di masyarakat. Hal-hal sederhana seperti cara berbuat sesuatupun juga diatur di dalam masyarakat.

Tujuannya agar perbuatan setiap anggota masyarakat senantiasa sesuai dengan tata cara yang berlaku di dalam masyarakat. Aturan yang mengatur masalah ini adalah norma tata cara.

Dilansir dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (2020) karya Elly M. Setiadi, norma tata cara adalah kebiasaan-kebiasaan yang berlaku sebagai produk dari hubungan antar individu di dalam masyarakat.

Norma tata cara atau disebut juga usage berhubungan dengan perilaku pribadi seorang individu dalam masyarakat.

Baca juga: Norma Kesusilaan: Definisi dan Peran

Dalam buku Kamus Sosiologi (2012) karya Agung Tri Haryanta dan Eko Sujatmiko, dijelaskan bahwa norma tata cara memiliki daya ikat yang sangat lemah dibandingkan dengan norma-norma yang lain.

Hal ini disebabkan karena pelanggaran terhadap norma tata cara hanya menimbulkan sanksi berupa penilaian tidak pantas atau dianggap kurang sopan oleh anggota masyarakat lainnya.

Bisa diartikan bahwa sanksi yang diperoleh apabila melanggar norma ini tidak terlalu berat. Meskipun tidak terlalu berat, apabila seorang anggota masyarakat melakukan pelanggaran terhadap norma ini secara terus menerus.

Bisa saja masyarakat bakal mengasingkan atau mengucilkan orang tersebut karena dianggap memiliki perilaku yang buruk.

Baca juga: Norma Agama: Definisi dan Fungsi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com