Norma Kesusilaan: Definisi dan Peran

Kompas.com - 24/10/2020, 15:23 WIB
Ilustrasi kerja sama, keanekaragaman. DOK.KOMPAS/RAHARDI HANDININGIlustrasi kerja sama, keanekaragaman.

KOMPAS.com – Pada hakikatnya manusia hidup dalam sebuah sistem masyarakat yang memiliki aturan-aturan.

Aturan tersebut menjadi pengikat agar manusia sebagai anggota masyarakat senantiasa melakukan tindakan yang terpuji.

Secara spesifik, aturan yang mengatur tata kelakuan manusia dalam kehidupan masyarakat disebut sebagai norma kesusilaan.

Dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2012) karya Agung Tri Haryanta dan Eko Sujatmiko, norma kesusilaan berasal dari kebiasaan yang dibuat manusia sebagai anggota masyarakat, misalnya sopan santun.

Baca juga: Nilai Vital dalam Kehidupan Sosial

Norma kesusilaan memiliki posisi yang cukup kuat dalam masyarakat, di mana satu pihak memiliki kekuatan memaksa atau melarang atas suatu perbuatan para anggotanya.

Bisa diartikan bahwa norma kesusilaan merupakan alat agar anggota masyarakat menyesuaikan perbuatannya dengan aturan yang sudah disepakati dalam masyarakat tersebut.

Peran norma kesusilaan

Dalam buku Pengantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (2020) karya Elly M. Setiadi, dijelaskan bahwa norma kesusilaan memiliki tiga peran, yaitu:

  • Memberikan batas

Norma kesusilaan memberikan batas-batas pada kelakuan-kelakuan individu. Tidak hanya itu, norma kesusilaan juga merupakan alat untuk memerintah dan melarang anggota masyarakat untuk melakukan perbuatan.

Baca juga: Nilai Kerohanian dalam Kehidupan Sosial

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X