Program Latihan Peningkatan Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan

Kompas.com - 27/10/2020, 13:30 WIB
Trai running atau lari lintas alam blyjakTrai running atau lari lintas alam

KOMPAS.com - Memiliki jasmani yang bugar dan sehat akan mempermudah seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebugaran jasmani merupakan aktivitas olahraga yang dilakukan dengan meningkatkan kekuatan otot, daya tahan kardiovaskular, dan kelenturan, yang bertujuan untuk menciptakan kebugaran fisik.

Dilansir dari situs Human Kinetics, kebugaran jasmani yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai physical fitness mengacu pada kemampuan tubuh untuk bekerja secara efisiensi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Pergaulan Sehat dan Pergaulan Tidak Sehat

Kebugaran jasmani bisa diperoleh dengan rutin melakukan berbagai program latihan.

Ada tiga latihan utama dalam kebugaran jasmani, yakni latihan meningkatkan kekuatan otot, latihan meningkatkan daya tahan kardiovaskular, dan latihan peningkatan kelenturan.

Berikut penjelasannya:

Latihan kekuatan dan daya tahan otot

Kekuatan dan daya tahan otot sangatlah penting karena merupakan modal utama untuk melakukan aktivitas fisik.

Berikut beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot, yang dilansir dari situs Healthline:

  • Plank

Latihan ini dilakukan dengan posisi tubuh tengkurap dan kaki diluruskan ke belakang. Jari kaki menghadap ke lantai serta lengan bawah yang menyentuh lantai dijadikan tumpuan berat badan.

  • Pushups

Posisi tubuh saat melakukan pushups sama seperti plank, yakni posisi tengkurap. Pushups dilakukan dengan mengangkat badan ke atas menggunakan kekuatan tangan dan bukan lengan bawah.

Baca juga: Aktivitas Tes Kebugaran Jasmani

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X