Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kentang Itu Umbi Batang atau Akar?

Kompas.com - 07/08/2020, 19:05 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kentang itu umbi batang atau akar? Kentang adalah umbi batang dan bukan umbi akar. Meski kentang yang biasa kita makan tumbuh di dalam tanah, tetapi umbi kentang bukan akar tanaman kentang.

Mengapa kentang termasuk umbi batang bukan umbi akar? Berikut ini penjelasan singkatnya:

Kentang itu umbi apa?

Kentang adalah tanaman dari suku Solanaceae dengan nama ilmiah Solanum tuberosum L. Kulit kentang berwarna coklat muda kekuningan sedangkan bagian dalam berwarna putih atau kuning.

Kentang termasuk jenis tanaman umbi-umbian yang menyimpan cadangan makanan di batang di bawah tanah. Hal ini menimbulkan pertanyaan, kentang itu umbi batang atau akar?

Kentang sering dianggap sebagai umbi akar karena biasanya ditemukan tumbuh di dalam tanah. Padahal secara teknis kentang adalah umbi batang.

Baca juga: Mete Itu Kacang atau Buah?

Melansir DIY Network, kentang adalah umbi batang dari tanaman kentang yang tumbuh di batang bawah tanah yang disebut stolon.

Umbi kentang menjadi tebal dan besar karena sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan bagi bagian tanaman kentang yang berdaun di atas tanah.

Jadi, umbi kentang sebenarnya batang tebal yang memiliki tunas batang dan daun yang bisa tumbuh.

Mengutip Saya Ingin Pintar Ilmu Pengetahuan Alam (2007) karya Momon Sulaeman, pada lekukan permukaan umbi kentang terdapat bakal tunas yang disebut mata tunas.

Jika umbi batang ditanam, bakal tunas akan tumbuh menjadi tunas. Lalu tunas akan tumbuh menjadi tanaman kentang dewasa.

Sedangkan akar tidak memiliki ciri-ciri berupa tunas batang dan daun. Oleh sebab itu, kentang termasuk umbi batang dan bukan umbi akar.

Baca juga: Pengeringan Umbi-umbian Sebagai Upaya Pengawetan

Perbedaan umbi batang dan umbi akar

Mengutip Teknologi Pengolahan Pangan (2007) karya Muhami, umbi adalah bahan nabati yang didapatkan dari dalam tanah.

Tanaman yang termasuk umbi adalah ubi kayu, ubi jalar, kentang, garut, jahe, kencur, kimpul, talas, gembili, gadung, ganyong, bengkuang, dan lainnya.

Berdasarkan asalnya, umbi-umbian bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu umbi batang dan umbi akar.

Umbi batang adalah tanaman umbi yang menggunakan batang sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Tanaman yang termasuk umbi batang adalah ubi jalar, kentang, dan gadung.

Umbi akar adalah tanaman umbi yang menggunakan akar sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Tanaman yang termasuk umbi akar adalah ubi kayu dan bengkuang.

Jadi, perbedaan umbi batang dan akar adalah, umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya membesar menjadi umbi. Sedangkan umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar karena berisi cadangan makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com