Pengeringan Umbi-umbian Sebagai Upaya Pengawetan

Kompas.com - 04/08/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi. KEMDIKBUDIlustrasi.

KOMPAS.com - Pengeringan umbi-umbian dilakukan sebagai upaya pengawetan dengan tujuan lebih tahan lama bila disimpan. Metode pengeringan yang paling mudah dan murah adalah penjemuran.

Berikut ini penjelasan singkatnya:

Umbi-umbian dan pengolahannya

Mengutip Teknologi Pengolahan Pangan (2007) karya Muhami dkk, umbi-umbian adalah bahan nabati yang didapatkan dari dalam tanah.

Contoh umbi-umbian adalah ubi kayu, ubi jalar, kentang, garut, gadung, jahe, kencur, kimpul, talas, gembili, ganyong, bengkuang, dan lainnya.

Baca juga: Contoh Makanan Sehat dan Tidak Sehat

Komponen utama umbi-umbian adalah karbohidrat. Umumnya, umbi-umbian adalah bahan sumber karbohidrat terutama pati.

Selain itu, umbi-umbian juga mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral. Umbi-umbian juga mengandung oleoresin sehingga menjadi sumber cita rasa dan aroma.

Berdasarkan asalnya, umbi-umbian dikelompokkan menjadi umbi akar dan umbi batang.

Umbi akar adalah tanaman umbi yang bagian akar digunakan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Yang termasuk umbi akar adalah umbi kayu dan bengkuang.

Umbi batang adalah tanaman umbi yang bagian batang digunakan sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Yang termasuk umbi batang adalah ubi jalar, kentang, dan gadung.

Baca juga: Makanan sebagai Sumber Energi

Pengeringan umbi-umbian sering dilakukan sebagai usaha pengawetan. Pengeringan umbi-umbian bertujuan untuk pengawetan tesebut agar bisa lebih tahan lama bila disimpan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X