Sejarah Perkembangan Komputer Sebelum 1940

Kompas.com - 07/08/2020, 16:17 WIB
Z1, salah satu cikal bakal komputer modern yang diciptakan oleh Konrad Zuse Klaus NahrZ1, salah satu cikal bakal komputer modern yang diciptakan oleh Konrad Zuse

KOMPAS.com - Komputer adalah salah satu penemuan terpenting dalam sejarah peradaban manusia. Komputer membantu manusia berpikir dan bekerja.

Kecanggihan komputer yang kita miliki sekarang, belum terbayangkan di awal perkembangan komputer.

Secara garis besar, perkembangan komputer dibagi menjadi dua tahap yakni sesudah tahun 1940 dan sebelum tahun 1940, ketika komputer modern belum dikembangkan.

Dilansir dari Encyclopedia.com, simak sejarah perkembangan komputer sebelum 1940!

Suanpan, sempoa di Chinashutterstock Suanpan, sempoa di China
Asal mula komputer

Sejak 50.000 tahun sebelum masehi, manusia berhitung dengan alat seadanya. Mereka menggunakan tangan, tulang-tulangan, batu-batuan, dan tangkai kayu untuk menyimpan catatan hitung-hitungan.

Baca juga: Penemu Mouse Komputer Tutup Usia

Seiring dengan semakin besarnya peradaban manusia, maka hitung-hitungan juga semakin besar.

Pada 3.400 SM, bangsa Mesir menciptakan simbol untuk angka 10. Sebelumnya, hitungan manusia terbatas belum mencapai puluhan.

Lambat laun, hitung-hitungan tak bisa lagi mengandalkan jari dan benda-benda mati.

Pada tahun 2.600 SM, bangsa China menciptakan abacus, atau yang kita kenal dengan swipoa atau sempoa.

Di China pula, mulai dikenal angka desimal.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X