Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Kastil: Asal Mula dan Alasan Dibangun

Kompas.com - 28/03/2020, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Kastil tidak pernah lepas dari visualisasi di abad pertengahan.

Beberapa kastil juga merupakan situs bersejarah paling populer di seluruh dunia. Kastil menjadi salah satu properti paling menggugah dari abad pertengahan.

Dilansir dari Castles World, kastil sangat kuat dalam imajinasi orang-orang, terutama pada anak.

Banyak orang yang mengidealkan kastil dengan romantisme ksatria, pertempuran kolosal, kesetiaan, dan pengorbanan pribadi untuk mahkota serta negara. Tahukah kamu sejarahnya kastil?

Asal mula kastil

Permukiman berbenteng pertama kali muncul lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Di mana kota berbenteng mulai muncul di Lembah Indus di Mesir dan juga China.

Permukiman tersebut banyak dilindungi oleh tembok tanah yang besar.

Baca juga: 6 Kastil Tertua di Dunia

Selain itu, orang-orang Romawi ternyata juga sudah familiar dengan struktur pertahanan yang tangguh, seperti benteng pesisir, menara bundar dan kota-kota berbenteng.

Desain kastil ternyata dipengaruhi secara signifikan oleh arsitektur Romawi selama ribuan tahun. Dengan banyak kastil dibangun di atas reruntuhan benteng Romawi.

Pada awal abad ke-9, Charles Agung (juga dikenal sebagai Charlemagne) mendirikan sebuah kerajaan besar di Eropa barat dan tengah.

Dikenal sebagai Kekaisaran Carolingian dan itu adalah kekaisaran besar pertama yang didirikan di Eropa setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat sekitar abad ke 5 Masehi.

Kekaisaran Carolingian hanya bertahan selama sekitar 90 tahun, dan begitu jatuh, kepemilikan tanah kekaisaran yang luas dibagi di antara anggota aristokrasi, termasuk bangsawan dan pangeran setempat.

Para penguasa lokal ini mulai memikul tanggung jawab untuk ekonomi dan untuk pemerintah di daerah yang mereka kuasai.

Namun, mereka memiliki tantangan untuk melindungi kepemilikan mereka dari serangan bangsa Moor dari selatan, orang-orang Viking dari utara dan barat, dan para penguasa lokal yang menjadi tetangga mereka.

Dari situlah konsep sebnuah kastil lahir. Dengan adanya kastil, sekaligus menunjukkan jkekuatan militer kepada musuh.

Kastil sebagai tempat tinggal dan pertahanan wilayahshutterstock Kastil sebagai tempat tinggal dan pertahanan wilayah
Alasan kastil didirikan

Meskipun ada perdebatan besar mengenai tujuan kastil, disepakati bahwa para bangsawan mulai membangun kastil karena tiga hal, yaitu:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com