Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara Terkecil di Dunia

Kompas.com - 18/01/2020, 09:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Di dunia ini ada beberapa negara yang memiliki luas wilayah kecil. Bahkan luasnya hanya sebatas luas satu kota atau wilayah.

Meski wilayahnya kecil, ada negara yang padat penduduk, sumber daya alam yang berlimpah dan termasuk negara tertua.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut lima negara dengan luas terkecil:

Vatikan

Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Luas wilayahnya 0,44 kilometer persegi dan berada di Benua Eropa tepatnya di dalam Kota Roma, Italia.

Baca juga: Berita Populer: Negara Terkecil di Dunia, hingga Kecerobohan Meghan Markle

Jumlah penduduk di Vatikan sekitar 1.000 jiwa menurut data pada 2017.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), di negara Vatikan terdapat pusat gereja Katolik di seluruh dunia, yakni Basilika Santo Petrus.

Vatikan adalah negara yang sepenuhnya merdeka.

Dinding abad pertengahan dan Renaissance (abad pembaharuan) membentuk batas-batas wilayahnya kecuali di lapangan Santo Petrus. Dinding-dinding tersebut dibangun untuk melindungi Paus yang merupakan pemimpin tertinggi umat Katolik.

Vatikan berdiri pada 11 Februari 1929 sesuai perjanjian Lateran antara Wakil Kepala Pemerintah Tahtah Suci dengan Italia. Isi utama perjanjian Lateran adalah diakuinya negara Vatikan yang berdaulat dan independen di bawah pemerintahan tanah suci.

Status istimewa bagi agama Katolik di Italia, dan ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian yang diderita ketika Italia didirikan.

Baca juga: Paus Fransiskus Kunjungi Taman Borobudur di Museum Etnologi Vatikan

Sistem pemerintahan di Vatikan adalah Teokrasi. Teokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana prinsip-prinsip ilahi memegang peran utama.

Pemimpin tertinggi di Vatikan, Paus Fransiskus. Sementara kepala pemerintahan dipegang seorang presiden bernama Giuseppe Bertello.

Monako, negara terkecil ke-dua di dunia dan Eropa.Shutterstock Monako, negara terkecil ke-dua di dunia dan Eropa.

Monako

Negara Monako merupakan terkecil setelah Vatikan.

Monako memiliki luas wilayah 2 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 30.645 jiwa sesuai data tahun 2017. Dengan jumlah itu Monako dikenal sebagai negara terpadat di dunia.

Diberitakan Kompas.com (25/10/2018), wilayah Monako merupakan daerah pantai yang berada di sepanjang Laut Mediterania sebelah tenggara Perancis dan berdekatan dengan perbatasan Italia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com